PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA

Edi Suryadi, F A Milawasri, Lustina Lustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri Unggul 2 Banyuasin III. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas XI. MM1 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas XI. ATP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes menulis teks prosedur pada kedua kelompok. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas, homogenitas, paired samples test, dan uji hipotesis data. Analisis data dihitung menggunakan komputer program SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis melalui uji-t Paired sample test, diketahui bahwa nilai t hitung kelas eksperimen lebih tinggi 9,14 jika dibandingkan dengan nilai t hitung kelas kontrol 6,8. Selain itu, hasil uji t (independent sampel t test) diketahui bahwa nilai t hitung data posttest adalah 7.390 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2.069 masing-masing df 46 dan ? = 0,05, 2-tailed. Dapat disimpulkan bahwa menunjukkkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri Unggul 2 Banyuasin III dibandingkan dengan model konvensional. 


Keywords


menulis; teks prosedur; pembelajaran berbasis masalah

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariwijaya. (2008). Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skipsi. Jakarta: Aprindo.

Herkawati, N. A. (2016). Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK. Surakarta: Media Aditama.

Ibrahim, M., dan Nur, M. (2005). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.

Kosasih, E. (2016). Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktrur, Dan Kaidah Serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sapdiani, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Akrab Juara, 4(1), 29-40.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semi, M. Atar. (2007). Dasar-Dasar Kemampuan Menulis. Bandung: Angkasa.

Slamet, S. T. Y. (2008). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: UNS Press.

Sujana. (2001). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Bandung: Angkasa.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bangdung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v6i1.3503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.