NILAI –NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PESAN TERAKHIR KARYA WENNY SMART

Tantri Theana Utari, Suntoko Suntoko, Een Nurhasanah

Abstract


Seiring berkembangnya zaman, fenomena kemunduran terhadap moral, karakter, nilai-nilai pendidikan, etika, dan sopan santun dapat terjadi. Pendidikan yang dilaksanakan khususnya pada jenjang formal masih belum cukup untuk menghumanisasikan anak didik. Nilai pendidikan sangatlah penting dan diperlukan untuk mengubah sikap serta tingkah  laku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan yang terkandung pada novel Pesan Terakhir karya Wenny Smart. Subjek penelitian ini adalah  novel  Pesan Terakhir karya Wenny Smart yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama.  Novel ini berkisah mengenai persahabatan dan pramuka. Pesan Terakhir karya Wenny Smart merupakan jenis novel popular. Novel yang ringan untuk dibaca dan dinikmati oleh para pembaca. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik kepustakaan.  Hasil penelitian yang ada dalam novel pesan Terakhir ialah terdapat dua belas nilai pendidikan diantaranya nilai kedamaian, nilai penghargaan, nilai cinta, nilai toleransi, nilai kejujuran, nilai kerendahan hati, nilai kerja sama, nilai kebahagiaan, nilai tanggung jawab, nilai kesederhanaan, nilai kebebasan, dan nilai persatuan.  Novel  Pesan Terakhir karya Wenny Smart dapat diimplikasikan sebagai materi bahan ajar di sekolah karena memuat nilai positif yang dapat dipahami dan diterapkan dilingkungan sekolah maupun masyarakat.


Keywords


nilai pendidikan; novel Pesan Terakhir

References


Abdussalam, Muhammad Syarif. (2020). Sejumlah Kasus Bullyying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisier KPAI. Tribun Jabar.id, 8 Februari 2020.

Aminuddin. (2015). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Azhari, Tiara Yuniar. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra Di SMA. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 1 (02), 162-175.

Ismawati, Esti. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Isnanto, Dian Agung. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Sri Danarti . Karya Nana Tandez Melalui Prespektif Sosiologi Sastra. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra.)

Octaviana, Dwi Warry. (2018) Analisis Nilai-Nilai Pendidikam Dalam Novel Uhibbuka Fullah (Aku Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal KATA 2(2), 182-19.

Pulina, Indini & Indini Dewi. (2016). Nilai -Nilai Pendidikan Dalam Novel Edensor Karya Andrea Hirata. Lateralisasi Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia IV ( 01), 55-6.

Sholikhah, Naili Alviyatu. (2018). Menguak Teka-Teki Jiwo di Balik Surat Kaleng: Kajian Semiotika terhadap Novel Pesan Terakhir Karya: Wenny Smart. Jurnal Sastra Indonesia. Universitas Diponegoro Semarang.

Smart, Wenny. (2016). Pesan Terakhir. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tilman, Diane. (2004). Living Values: An Educational Program (Living Values Activities for Young Adults: Pendidikan Nilai untuk Kaum Desawa Muda). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Perpustakaan Nasional

Madyananda, Ulinnuha dan Yaryati, Umi. (2017). Nilai Pendidikan Novel Padang Bulan serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.2 (2), 63-68.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanti, Baiq Sri Wahyu Purnama. (2015). Nilai Pendidikan Novel Guru Dane Karya Salman Faris dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi. Universitas Mataram.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i2.3663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.