MENGUKUR SIKAP MAHASISWA UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG TERHADAP BAHASA INDONESIA

Nurulanningsih Nurulanningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan sikap mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang terhadap bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 prodi non kebahasaan di Univeristas Tridinanti Palembang sebanyak 226. Sejalan dengan metode penelitian survei, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan statistik deskripitif. Hasil yang diperoleh, 1) aspek kesetiaan kepada bahasa Indonesia adalah 93% dari total 226 responden menjawab sangat setuju dan setuju, sehingga dapat disimpulkan pada aspek kesetiaan kepada bahasa Indonesia, mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang berkategori positif, 2) aspek kebanggaan kepada bahasa Indonesia adalah 94% dari 226 responden yang menjawab sangat setuju dan setuju, sehingga dapat disimpulkan pada aspek kebanggaan kepada bahasa Indonesia, mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang berkategori positif  dan 3) aspek kesadaran terhadap norma bahasa Indonesia adalah 93% dari 226 responden yang menjawab sangat setuju dan setuju, sehingga dapat disimpulkan pada aspek kesadaran terhadap norma bahasa Indonesia, mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang berkategori positif. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap mahasiswa Univertitas Tridinanti Palembang positif.


Keywords


mengukur; sikap; bahasa Indonesia; mahasiswa

References


Aslinda, dan Leni Syafyahya. (2007). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Ajzen. I. (1993). Attitude Theory and The Attitude-Behavior Relation. New Directions In Attitude Measurement. Newyork: Walter de Gruyler.

Allport, G. W. (1935). Attitudes. In A Handbook of Social Psychology (pp. 798-844). Worcester, MA, US: Clark University Press.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fasold, R. (1987). The sociolinguistics of society. Oxford: Basil Blackwell.

Gerungan, W. A. (2010). Psikologi sosial. Bandung: Refika Aditama.

Garvin, P.L. & Mathiot M. (1968). The urbaization of guarani language. problem in language and culture, dalam Fishman, J.A. (Ed) Reading in Tes Sosiology of Language, Mounton. Paris–The Hague.

Haryanto, Eddy. (2017). Konsep Dasar Penelitian Pendidikan dan Penulisan Ilmiah. Jambi: Salim Media Indonesia.

Kridalaksana, Harimurti. (2011). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mansyur, U. (2018). Sikap Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Disajikan pada International Conference of Asosiasi Linguistik Terapan Indonesia (ICon ALTI) Universitas Muslim Indonesia, 11 Juli 2018.

Muliawan, J. U. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyaningsih, I. (2017). Sikap mahasiswa terhadap bahasa indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 79-87.

Molina, S. M. C. (2009). Definitions and Critical Literature Review of Language Attitude, Language Choice and Language Shift: Samples of Language Attitude Surveis. MONOGRAPH (pp. 1-64). Indiana University, Bloomington.

Nurgiyantoro, B.,Gunawan., & Marzuki. (2009). Statistik Terapan: Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Pateda, M. (2015). Sosiolinguistik. Bandung. Angkasa.

Petty, R. E & Wheeler, S. C. (2003). Persuasion and Attitude Change. Comprehensive Handbook of Psychology (2nd ed). New York: John Wiley & Sons.

Suryabrata. S. (2010). Psikologi Kepribadian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rokhman, Fathur. (2013). Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rosenberg, M. J. & Hovland, C. I. (1960). Cognitive, affective and behavioral components of attitudes. In C. I. Hovland & M. J. Rosenberg (Ed.), Attitude organization and change: An analysis of consistency among attitude components (pp. 112-163). New Haven: Yale University Press.

Rusyana, Y. (1989). Perihal Kedwibahasaan (Bilingualisme). Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPT.

Solin, M. (2010). Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Bahas, 20(03).

Suandi, I Nengah. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata. S. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v6i1.4052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.