REALITAS NILAI MORAL DALAM NOVEL ORANG-ORANG PROYEK KARYA AHMAD TOHARI KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Ahmad Arifin, Dede Muhtar Safari, Mohadib Mohadib

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan realitas nilai moral novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari yang berkaitan dengan pengklasifikasian keterkaitan relitas nilai moral manusia kepada Pencipta, keterkaitan relitas nilai moral manusia dengan manusia lain, dan relitas nilai moral berdasarkan keterkaitan manusia dengan diri sendiri. Selain itu, keterkaitan realita nilai moral yang tercermin dalam novel Orang-Orang Proyek merupakan objek kajian dengan pendekantan sosiologi sastra. Penelitian ini mengedepankan studi pustaka, pendataan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, membaca dan mencatat, data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengedepankan wujud relitas nilai moral seperti keyakinan, integritas, kejujuran, solidaritas, dan keadilan. Realitas nilai moral tersebut diharapkan mampu memberikan konstribusi pencerahan pada masyarakat agar ketimpangan sosial dapat ditanggulangi. 


Keywords


sosiologi sastra; nilai moral; fungsi siosial; orang-orang proyek

References


Faruk. (2010). Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturaal Genetik sampai Post- Moderenisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jonindo, Rocky. (2017). Nilai Moral dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Jurnal Diksatrasia, 1 (2), 311—314.

Rahmawati, Meidini, dkk. (2022). Nilai Sosial dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari dan Implikasi Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Sinastra (Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra), vol 1.

Ratna, Nyoman Kutha. (2007). Sastra dan Culturural Studies Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Safari, D. M. (2018). NOVEL BELANTIK KARYA AHMAD TOHARI" Pendekatan Sosiologi Sastra". Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 183-187.

Safari, D. M., & Sudaryanto, A. (2022). POTRET ISLAM DALAM NOVEL JEJAK LANGKAH DENGAN PENDEKATAN TEOLOGI PEMBEBASAN SERTA RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Bindo Sastra, 6(1), 75-81.

Suhardjono, D.W.et al. (2021). Kajian Strukturalisme Genetik dalam Novel bertemakan Religiositas. Penerbit Garudhawaca.

Tohari, Ahmad. (2004). Orang-Orang Proyek. Jakarta: Matahari.

Siswantoro. (2005). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v8i1.6661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.