MENULIS DAN MENCATAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING)

Tri Riya Anggraini

Abstract


Menulis dan mencatat dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping), sehingga dalam proses
pembelajaran dapat berkembang lebih inovatif-aplikatif yang diharapkan mampu mengubah persepsi guru
yang masih menggunakan cara kuno dan tertinggal dalam belajar menjadi lebih baik dan berkualitas.
Mind mapping merupakan cara paling mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak, dan untuk
mengambil informasi dari otak. Cara ini adalah cara yang kreatif dan efektif dalam membuat catatan dan
menulis, sehingga boleh dikatakan mind mapping memetakan pikiran

Keywords


menulis; mencatat; peta pikiran

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Maurizal. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping. Jogjakarta: Mitra Pelajar.

Buzan, Tony. (2006). Mind Map untuk meningkatkan kreativitas. Jakarta: Gramedia.

Komarudin. (2005). “Langkah-langkah Praktik Belajar Pengetahuan

Sosial/Pembelajaran Portofolioâ€. Makalah Disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Fasilitator Guru Bidang Studi IPS MTs Tingkat Nasional, Diselenggarakan oleh Balitbang Agama dan Diklat

Keagamaan Depag RI.

Yulianto dalam (http://aksiguru.org/2010/03/11/menjadi-guru-yang-kreatifdan-inovatif/) diakses tanggal 14 November 2015.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.