KEEFEKTIFAN MODEL ROUND TABLE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 TANJUNG ENIM

Surismiati Surismiati

Abstract


Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam menulis sebuah karangan deskripsi adalah model pembelajaran round table. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui keefektifan model pembelajaran round table dalam keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Enim. Metode penelitian komparatif antara kelompok perlakuan (memakai model pembelajaran round table) dengan kelompok kontrol, dengan teknik pengumpulan data memakai: (1) tes, (2) angket, (3) wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 81,70 dan kelas kontrol 75,93. Disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran round table dengan kelas yang tidak menggunakan model
tersebut dalam pembelajaran karangan deskripsi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Enim. Disaran agar penelitian ini dapat menjadi tolak ukur untuk keberhasilan siswanya dan menjadi strategi alternatif dalam pembelajaran karangan deskripsi.

Keywords


karangan deskripsi; metode pembelajaran round table; keefektifan

Full Text:

PDF

References


Agvis, Privicilia Lupitha. 2016. Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Round Table disertai Problem Posing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Jember: Jurusan Pendidikan MIPA,

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan

Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Darmadi, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi.

Hasanah, Anisatul Azizah. (2011). Peningkatan Ketrampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table Pada Siswa Kelas XA SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Nurgiyantoro, Burhan. (2011). Penelitian Pembelajaran Bahasa Berbasis

Komposisi. Yogyakarta: BPEE Yogyakarta.

Ratnasari, Sekar Chandra. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis

Siswa. Skripsi. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman. Fakultas

Bahasa dan Seni. Universitas Pendidikan Indonesia.

Subrata, Heru. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Bahasa. (Online).

(http://mbahbrata-edu.blogspot.com/2013/04/model-dan metodepembelajaran-bahasa.html, diakses pada 21November 2013).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif,

kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suriamiharja, Agus, dkk. (1996). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.