PENGEMBANGAN MODUL MENULIS MAKALAH PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS
Awalludin Awalludin, Yunda Lestari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar berbentuk modul dalam pembelajaran menulis makalah dan (2) mengetahui pengaruh potensial pengembangan bahan ajar berbentuk modul menulis makalah terhadap hasil belajar di Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas A.2.1 yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui analisis data tingkat kelayakan modul dan pengaruh potensial modul yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui 26 angket terbuka yang disebarkan untuk analisis kebutuhan mahasiswa diperoleh sebanyak 26 orang menginginkan modul menulis makalah yang efektif dan aplikatif, 23 orang menginginkan modul yang fleksibel, 21 orang menginginkan modul yang menyajikan materi secara tepat dan praktis sesuai dengan tujuan pembelajaran, 23 orang membutuhkan modul yang disertai contoh dan latihan, dan 24 orang memerlukan modul yang dilengkapi dengan penilaian. Selanjutnya, hasil analisis kebutuhan dari 2 orang dosen menunjukkan bahwa mereka membutuhkan modul yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis makalah. Hasil uji t dengan paired simple test menulis makalah menunjukkan bahwa nilai mean pada pretest dan posttest adalah 17.808 dengan standar deviasi 4.665 dan sig (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari 0.05. Akhirnya, peneliti menyimpulkan bahwa hasil penelitian yang berbentuk modul menulis makalah ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan memiliki pengaruh yang potensial terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis makalah.
Keywords
pengembangan; modul; makalah; bahan ajar
References
Alex & Achmadi H.P. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.
Jakarta: Kencana.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen manajemen Pendidikan dasar dan menengah Depdiknas.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2005). The Systematic Design of Instruction. Boston: Pearson.
Dwiloka & Riana. (2005). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai
dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Setiawan, D., dkk. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyitno, I. (2012). Menulis makalah dan Artikel: Teori, Contoh, dan Praktik
Perlatihan. Bandung: Refika Aditama.
Universitas Negeri Malang. (2000). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UNM.
Wahyuni, S. & Ibrahim, A.S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.
Wardarita, R. (2012). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah: Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual dan Penalaran Verbal. Yogyakarta: Paraton.
DOI:
https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bindo Sastra
The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : bindosastra@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.