NOVEL BELANTIK KARYA AHMAD TOHARI "Pendekatan Sosiologi Sastra"

Dede Muhtar Safari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang korelasi antara penceritaan novel Belantik dengan realita masyarakat pada waktu novel Belantik diciptakan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan 1) konteks sosial pengarang dalam novel Belantik, 2) gambaran masyarakat yang tercermin dalam novel Belantik, dan 3) fungsi sosial dalam novel Belantik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa (1) konteks sosial pengarang dalam novel Belantik, yaitu mengungkapkan bahawa latar belakang pengarang baik sebagai santri, redaktur media masa, maupun domisili Ahmad Tohari mempengaruhi penceritaan dalam novel Belantik, (2) gambaran masyarakat yang tercermin dalam novel Belantik, yaitu mengungkapkan adanya korelasi antara gambaran masyarakat dalam novel Belantik dengan realita masyarakat pada waktu novel itu diciptakan, dan (3) fungsi sosial dalam novel Belantik; adalah sebagai penghibur dan perombak masyarakat yang mengamalkan nilai-nilai religiusitas dan nilai moral baik, seperti sifat tolong menolong kepada sesama dan cinta kasih antara keluarga perlu dijadikan panutan, adapun nilai moral yang tidak baik yaitu perilaku penyelewengan tidak pantas ditiru.

Keywords


sosiologi sastra; gambaran masyarakat; fungsi sastra

Full Text:

PDF

References


Damono, Sapardi Djoko. (1979). Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramond. (2009). Dilema Kejiwaan Tokoh Lasi dalam Novel Bekisar Merah dan Belantik Karya Ahmad Tohari (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Saraswati, Ekarini. (2003). Sosiologi Sastra Sebuah Pemahaman Awal. Malang: Bayu Media dan UMM Press.

Siswanto. (2014). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Puska Pelajar.

Sukmayanti, Okti. (2010). Kekerasan yang Dialami Tokoh Lasi dalam Novel Belantik Karya Ahmad Tohari (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Tohari, Ahmad. (2003). Belantik. Jakarta: PT Gramadia Pustaka Utama.

Wellek, Rene dan Warren, Austin. (1989). Teori Kesusastraan (Terjemahan Melani Budiyanta). Jakarta: Gramedia.

Yudiono, K.S. (2003). Ahmad Tohari: Karya dan Dunianya. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.