PENGEMBANGAN BUKU TEKS PRAGMATIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA

Emillia Contessa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar berbentuk buku teks dalampembelajaran pragmatik yang akan dijadikan bahan pengembangan pembelajaran, (2) mengembangkan bahan ajar berbentuk buku teks pragmatik di semester VII, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja, dan (3) mengetahui pengaruh potensial pengembangan bahan ajar pragmatik terhadap hasil belajar. Untuk memperoleh informasi tentang kelayakan bahan ajar hasil pengembangan ini, peneliti melakukan uji validasi ahli dan uji coba buku teks pada mahasiswa. Validasi bahan ajar ini dilakukan dari segi kelayakan isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Data pada uji coba buku teks diperoleh melalui tes pilihan ganda sebanyak 55 soal, dan subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja sebanyak 24 orang mahasiswa. Berdasarkan dari hasil tes buku teks Pragmatik Bahasa Indonesia yang dilakukan menunjukkan nilai rata-rata 53,20 menjadi 71,70 (selisih 18,5). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan buku teks Pragmatik Bahasa Indonesia hasil pengembangan ini memiliki pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi-materi Pragmatik Bahasa Indonesia.

Keywords


pengembangan; bahan ajar; buku teks; pragmatik

Full Text:

PDF

References


Dick, Walter, Lou Carey, dan James O. Carey. (2005). The Systematic Design of Instruction. Boston:Pearson.

Krisanjaya dan Liliana Muliastuti. (1998). Telaah kurikulum 1994 dan buku teks I EPNA3104/3 SKS/MODUL 1-9. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nunan, D. (1992). The learner-centered curriculum: A study in second language teaching. Cambridge : University Pres.

Setiawan, D, Wahyuni, K, dan Prastati, T. (2007). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.