PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK PENYAJIAN TEKS DESKRIPSI SEDERHANA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 INDRALAYA UTARA

Meri Junita, Mulyadi Eko Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk E-LKPD berbasis Liveworksheets dalam pembelajaran menyajikan teks deskripsi sederhana bagi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Indralaya Utara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dan keterbatasan media interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek uji coba terbatas terdiri dari 25 siswa kelas VII.2. Data dikumpulkan melalui angket analisis kebutuhan, validasi ahli materi dan media, serta tes hasil belajar siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-LKPD berada dalam kategori “sangat valid” dengan skor rata-rata 92,5% dari ahli materi dan 90% dari ahli media. Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest 63,2 dan posttest 84,6. Produk uji coba terbatas menunjukkan bahwa E-LKPD ini layak digunakan dan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menyajikan teks deskripsi secara sederhana. Dengan demikian, E-LKPD ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dan evaluasi digital yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad 21.


Keywords


E-LKPD; Liveworksheets; Teks Deskripsi; Pembelajaran Interaktif

References


Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, & Mukh Nursikin. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972

ALDIYAH, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pengembangan Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran Ipa Di Smp. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.85

Amalia, K. N., & Halim, U. (2022). Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(1), 37–48. https://doi.org/10.35814/publish.v1i1.3496

Fauzi, E., Visar Sinatrya, M., Daru Ramdhani, N., Ramadhan, R., & Muhammad Rasid Safari, Z. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 189–197. https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6877

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Hadju, R., Abdjul, T., Yusuf, M., & Odja, A. H. (2023). Pengembangan Lkpd Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Flipping Book Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Di Smp. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 9(2), 305. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.16966

Harahap, A., & Sucipto, A. (n.d.). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID. In Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) (Vol. 1, Issue 1).

Hoerudin, C. W., Syafruddin, S., Mayasari, A., Arifudin, O., & Lestari, S. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 723–734. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.4466

Ilyas, H., & Sulkifli, S. (2022). Prosedur Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Journal of Arabic Education and Linguistics, 2(2), 77–84. https://doi.org/10.24252/jael.v2i2.32484

Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1), 65–77. https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414

Ismail, M. N., & Alexandro, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 37–46. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.112

Luciandika, A., Widiati, N., & Ariani, D. (2022). Rhyme House Game Development With Apk Extension As Learning Media for Writing Poetry on the Network. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 46–55. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17549

Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Nita, O. (2021). Penggunaan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 271–280. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.2174

Novitasari, F., & Puspitawati, R. P. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Solving Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xii Sma. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p31-42

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Ridwan, F. R. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Sesuai Kaidah Puebi Pada Siswa Kelas 12 Sma/Smk/Ma. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 14(2), 1–16. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.547

Rustamana, A., Suandi, M., Rahma, Z. S., & Nugroho, E. (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Media Cetak: Modul, Hand Out, dan LKS dalam Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 1(8), 1001–1112. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

Rustandi, A., Haeruddin, & Darmansyah. (2022). Penerapan Model Assure Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di Smkn 3 Penajam Paser Utara. Jurnal Utile, 8(1), 6–18.

Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.

Shaquille, T. A. F., & Parga Zen, B. (2023). Pengembangan Media Adobe Animate Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris dengan Model Addie. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 252–265. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1382

Siedlecki, S. L. (2020). Understanding Descriptive Research Designs and Methods. Clinical Nurse Specialist, 34(1), 8–12. https://doi.org/10.1097/NUR.0000000000000493

Solikhah, N., Khaq, M., & Suyoto. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter materi Siklus Air Tema 8. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1264–1269. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1422

Suni Amtonis, J. (2022). E-Lkpd Dan Literasi Lingkungan Pada Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Koulutus, 5(1), 71–80. https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i1.786

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Widiy Wahyuni, Pendi Hasibuan, Arifmiboy Arifmiboy, & Zulfani Sesmiarni. (2023). Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII Di MTSN 3 Agam Kenagarian Balingka Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 57–67. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.215




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v9i1.9735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.