RELASI KUASA DAN DINAMIKA ISI MEDIA (Studi Ekonomi Politik Komunikasi Media Online Kompas.com Dan JawaPos.com Pada Hasil Survey Capres 2024)

Sayyidah Sayyidah, Nurikhsan Aldi Perdana, Muhammad Qori Qordofa, Naila Mafayiziya

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dinamika kuasa negara dalam produksi informasi di media Kompas.com dan Jawapos.com pada hasil survey Capres 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, kualitatif didukung oleh pemahaman mengenai fakta dari proses berpikir induktif yakni pemikiran yang beracuan pada fenomena individu untuk menghasilkan kesimpulan atau inferensi. Informan berjumlah tiga orang yang dipilih secara purposif. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik trigulasi sumber. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan study kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan cara produksi relasi kuasa Kompas.com dan JawaPos.com mempengaruhi dinamika isi berita. Terdapat intervensi dari pemilik modal dan media serta kekuasaan dalam menentukan tema dan isi pemberitaan lewat headline atau intensitas pemberitaan. Komparasi Relasi Kuasa dan Dinamika Isi Media pada studi Ekonomi Politik Komunikasi Media Online Kompas.com Dan JawaPos.com dalam melakukan Pemberitaan Hasil Survey Capres  2024. Kompas.com dan JawaPos.com melakukan Komodifikasi dan Spaliasasi. dengan perpaduan antara Komodifikasi dan Spasialisasi yang dilakukan Kompas.com dan JawaPos.com akhirnya memunculkan Strukturasi penyamaan iedologi secara terstruktur dalam korporasi media. Ekonomi politik dan relasi kuasa adalah dua hal yang saling berkesinambungan dan dimainkan dengan tepat sebagai korporasi media untuk bisa menjaga eksistensi dalam persaingan antar media. 


Keywords


Relasi Kuasa, Framing Pemerintah, Capres 2024

References


Fathukrohman, F. (2021). Lanskap Dinamika Kekuasaan Industri Media di Indonesia: Perspektif Politik dan Ekonomi. Jurnal Ilmu Komunikasi. 10(1), 6784.

Fitria Chusna, Farisa. Survei Litbang "Kompas": Elektabilitas Ganjar Belum Menjamin Kemenangannya paJda Pilpres 2024, diakses 17 Mei 2023. https://nasional.kompas.com/read/2023/04/26/13230501/survei-litbang-kompas-elektabilitas-ganjar-belum-menjamin-kemenangannya-

Hamidi, (2010). Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis, Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian , Malang: Ummpress.

Herman, E, S. and Chomsky, N. (1988). Manufactaring Consent: A. Propaganda model. Pantheon Books.

Heryanto, G. G. (2017). Ekonomi Politik Media Penyiaran: Rivalitas Idealisme Nilai Islami dan Mekanisme Pasar. In Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 1, Issue 1)

Hidayat, A. N., & Ruslan, A. (2018). Penerapan Teori Ekonomi Politik Media dalam Program Fashion Heritage di TV Mnc Fashion TV Satelit Indovision. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 4(2), 1122. www.Journal.Uniga.ac.id11

K. Yin, Robert (2013). Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, Rakhmat (2012), Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana.

Lexy, J. Moleong (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Lim, Merlyna. The League Of Thirteen: Media Concentration In Indonesia. (2012). Https://www.Academia.Edu/7282028/Lim_M_2012_The_League_In_Indonesia.

March, J. G. Influence measurement in experimental and semi=experimental group. Sociometry.

Marcuse, H. (1964). One-Dimensional Man: Studies in the Ideology of Advanced Industrial Society. Beacon Press.

Mcquail, Denis. (2010). Mcquail Mass Communication Theory. Sage Publications.

Mosco, VincenT. (2009). The Political Economy Communication. (Britany Raya: TJ International, Padstow, Cornwall,

Nasatir, D, Dahl, R. A., March, J.,. (1956). Influence ranking in the United States. Read at the annual meeting of the meeting of the American Political Seience Association, Washington, D. C. September.

Sanapian, Faisol., (1999). Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar Aplikasi Malang: IKIP Malang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wahyuni, Sari. (2015). Qualitative Reseach Method Theory and Practice, Jakarta: Salemba Empat.

Weber, M. Wircischaft and Gesellschaft. Tubingen : J. C. B. Mohr, 1925, 2 Vols. (Grundriss der Sozialekonomik, Vol. 3)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 CommuEduSyah: Jurnal Komunikasi, Pendidikan & Syari'ah

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116