PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG

Rulitawati Rulitawati, Joty Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Bagaimana Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMP  Negeri 15 Palembang”.sehingga modul ajar tersebut bisa di pakai oleh Siswa Menengah Pertama. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama,Modul ajar perlu dikembangkan agar bahan ajar yang di gunakan untuk proses pembelajaran menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik sehingga tercapainya tujuan pembelajaran khususnya dalam mengembangkan modul ajar Pendidikan Agama Islam salah satunya adalah materi Al-Qur’an dan sunah sebagai pedoman hidup yang mana pada materi tersebut terdapat hukum bacaan yang lumayan sulit mereka pahami. Kedua, adapun langkah-langkah pengembangan modul ajar adalah (1) Menganalisis kebutuhan, (2) Mendesain storyboard modul ajar, (3) penyusunan modul ajar mulai dari idendtitas umum, kompetensi awal, dan lampiran. Dan ketiga, Modul ajar yang dikembangkan oleh peneliti sudah sangat layak dan efektif untuk diterapkan kepada peserta didik sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil uji respons skala kecil bisa diketahui bahwa desain cover yang terdapat pada modul ajar sudah menarik, tampilan warna modul ajar menarik dan jelas serta pemilihan gambar telah sesuai denga nisi materi, selanjutnya penyampaian pada modul ajar mendorong peserta didik berdiskusi dengan teman sekelas sehingga membuat peserta didik tertarik dengan modul yang telah dikembangkan. Uji respons skala kecil mendapatkan nilai presentase sebesar 97,48, hasil tersebut memenuhi kategori “Sangat Menarik”. 


Keywords


Pengembangan Modul Ajar, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka, SMP Negeri 15 Palembang

References


Achmadi. 2010, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al- Shaibani, Umar Muhammad al-Taumi. 1979, Filsafat Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung, cet. Ke-2, Jakarta: Bulan Bintang.

al-Ahwani, Ahmad Fuad. 1982, al-Tarbiyah fi al-Islam, Makkah: Darul Ma'arif.

Al-Nahlawi, Abdurrahman. 1917, Usul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibiha fi al-Madrasat wa al- Mujtama’, Damsyik: Darul Fikr.

Aly, Abdullah. 2001, Pendidikan Islam Assalam Surakarta, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anwar, Ilham. 2010, Pengembangan Bahan Ajar, (Bahan Kuliah Online. Direktori UPL Bandung.

Diah Rizki Nur Kalifah, Nurul Hidayah, Muhamad Afdoli Ramadoni, Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Model Kurikulum Teknologi Dalam Merdeka Belajar Di MI, Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2023.

Armania, Putri dkk. 2022 “Implementasi Standar Proses Kurikulum Sekolah Penggerak dalam Pembelajaran Matematika,” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 11, no. 1

Asyraf, Ali. 1996, Horison Baru Pendidikan Islam, Cet. III, ter. Sori Siregar, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Baharuddin. 2017, Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Crow and Crow. 1990, Pengantar Ilmu Pendidikan, edisi ke-1, Yogyakarta: Rake Sirasi.

Daradjat, Zakiyyah. 2005, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang

Departement Agama, 2012, Al-Qur’an dan Terjemah, Bandung: CV. Media Fitrah Rabbani.

Dr. Iriana, Fristiana, M.Pd. 2016, Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Parama Ilmu.

Dr. Sugiyono. 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cet ke-28 Bandung: Alfabeta cv.

Fajar, A. Malik. 1995, Kontekstualisasi Ajaran Islam: Pengembangan Pendidikan Islam (Sekilas Telaah dari Sisi Mekanisme Alokasi Posisioni) Cet ke-1I, Jakarta: IPHI dan Paramadina.

Fatikhah, Ismu dan Izzati, Izzati. 2015, Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quotient Pada Pokok Bahasan Himpunan, Eduma 4, no. 2.

Gunawan, Rudy. 2022, Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar/Modul Pembelajaran, Bandung: CV. Feniks Muda Sejahtera.

Hamalik, Oemar. 2007, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Rosda Karya.

Hamdani. 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 CommuEduSyah: Jurnal Komunikasi, Pendidikan, & Syari'ah

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116