Strategi Pelayanan Customer Service Perbankan Syariah Bnnk Muamalat Kantor Cabang Pembantu Plaju Palembang Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah

Muhammad Jauhari, Meilina Fatjarriyah

Abstract


Customer Service merupakam suatu bagian dari unit organisasi atau bank yang mampu menangani kebutuhan nasabahnya, adapun tugas customer service ialah memberikan pelayanan dan membangun hubungan yang baik dengan nasabah. Tujan penelitian ini untuk mengetahui strategi pelayanan Customer Service dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Muamalat KCP Plaju, serta Faktor-Faktor yang mempengaruhi Customer Service dalam meningkatkan Pelayanan pada Bank Muamalat KCP Plaju. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, strategi yang digunakan ialah customer service bersikap ramah kepada nasabah,komunikatif. Faktor yang mempengaruhi Customer service dalam meningkatkan pelayanan ialah faktor Sumber Daya Manusia, serta faktor kualitas produk.


Keywords


Strategi, Pelayanan, Customer Service

References


Asep Saeful Muhtadi dan Agus Ahmad Safei (2003), Metode Penelitian Dakwah (Bandung:Pustaka Setia, 2003)

Ahmad, Syakir.2015. Perbankan Syari’ah. Medan:UIN-SU

Al- Arif, M. N. (2012). Dasar- Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Bandung; Alfabeta

Al-Qur’an Dan Terjemahan

Bank Indonesia (2016) Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia; Kelembagaan dan Kebijakan Serta Tantangan ke Depan, Jakarta: Departemen Riset Kebanksentralan

Basrowi, Suwandi (2008) Memahami Penelitian Kualitatif. (Jakarta : Rineka Cipta, 2008)

Djoko Muljono, Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam. (Yogyakarta: C.V Andi Offset)

Edi Sutrisno (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia, (Rawamangun: Kencana, 2009)

Freddy Rangkuti, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama)

Hermansyah. (2005). Hukum Perbankan Nasional Indonesia. Cetakan ke 4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/pages/konsep-operasional-PBS.aspx

Https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/download/2511/1497

Https://www.bankmuamalat.co.id/index.php/deposito-consumer/deposito-ib-hijrah

Ismail (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenada Media Group

Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Vol 14.No.1 April 2018

Karnaen A. Perwata atmadja, dalam wawancaranya dengan penulis mengenai sejarah perbankan syariah pada 28 Agustus 2016.

Khalidin, (2013). Perbankan Syari’ah

Lexy. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif ,

Linda Atikasari (2017) Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Kualitas Produk Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Ajibarang. (Skrisi sarjana pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada IAIN Purwokerto, tidak diterbitkan, 2017)

Mengelola Kualitas Layanan Perbankan PT.Gramedia Pustaka Utama

M,Syafi’i Antonio (2001), Bank Syariah Dari Teori ke Praktik cetakan ke -1, (Jakarta: Gema Insani, 2001)

M, Nur Rianto(2012), Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung: Alfabeta, 2012)

Noen Muhajirin(1998), Metode Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: RAKE SARASIN 1998)

Rima Rahmayanti(2010), Manajemen Pelayanan Prima, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010)

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, C.V Andi Offset

Setiawan Hari Purnomo dan zulkiefli mansyah, Manajemen Strategi, Sebuah Konsep Strategi, (Jakarta: LPPEE UI, 1998)

Shahdeiny (2007). Perbankan Syari’ah

Shofwan Al Banna Choiruzzad(2012), The Central Bank’ in the Development of Islamic Economy Project in Indonesia: Role, Motivations and Moderating Effect, The Ritsumeikan Journal of International Studies, Vol. 25-2, 2012

Suci Rahmadani(2017), Strategi Peningkatan Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada BPRS Carana Kiat Andalas, (Skripsi Sarjana Pada FakultasEkonomi dan Bisnis Islam, IAIN Bukittinggi, diterbitkan 2017)

Sugiyono(2013), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung : Alfabeta, 2013)

Suharsimi Arikunto(2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta : Rhineka Cipta, 2010)

Tjetjep Rohendi Rohidi(1992), Analisis Data Kualitatif (Jakarta: UI Press, 1992)

Tri Nurbaiti(2020), program studi Perbankan Syariah ,Institut Agama Isalam Negeri (IAIN) Metro, “Dampak layanan jasa mobile banking terhadap peningkatan jumlah nasabah studi kasus Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam’’.(Skripsi sarjana program studi Perbankan Syariah Institut Negeri (IAIN) Metro,tidak diterbitkan, 2020)

Undang-Undang No. 14 Tahun 1967 Bab I Pasal 1 huruf a,

Wibowo, Herman. (2005). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga

Yolanda Darma Fernandes dan Doni Marlius(2017), Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank Pembangun Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang, Jurnal Ekonomi, (Padang: akademi keuangan dan perbankan padang, 2017)

Yusron Mustafha Kamal, Strategi Pelayanan Customer Service dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri kantor Cabang Rawamangun

Zubair Hasan(2009), Undang-Undang Perbankan Syariah: Titik Temu Hukum Islam dan Hukum Nasional, (Jakarta: Rajawali Pers,2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 CommuEduSyah: Jurnal Komunikasi, Pendidikan, & Syari'ah

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116