Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SD IT Bakti 2 Siratul Jannah

Abdul Hakim Pohan Abdul Hakim Pohan

Abstract


Pembentukan karakter Islami di sekolah tidak lepas dari peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Sebab guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah sosok, teladan, idola bagi peserta didiknya yang mampu mewarnai peserta didik menjadi karakter Islami melalui keteladanan dan pembiasaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter Islami siswa di SD IT BAKTI 2 NAIRATUL JANNAH. (2) Mendeskripsikan Karakter Islami Siswa di SD IT BAKTI 2 NAIRATUL JANNAH. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa penyajian data tertulis mengenai data yang berkaitan. Langkah selanjutnya adalah menguji keabsahan data dengan memperluas partisipasi, ketekunan observasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter Islami siswa di SD IT BAKTI 2 NAIRATUL JANNAH sebagai berikut: guru sebagai pembimbing, guru sebagai pendidik, guru sebagai motivator dan guru sebagai evaluator. Dan karakter keislaman siswa di SD IT BAKTI 2 NAIRATUL JANNAH adalah baik, sopan dan santun yang diwujudkan dengan semangat siswa ketika mengikuti acara keagamaan, dibiasakan membaca Alquran sehingga membentuk karakter cinta Alquran, selalu santun kepada siapapun, berkata jujur, sabar, semangat dalam beribadah, salam salim kepada ibu/bapak guru ketika memasuki gerbang yang melatih siswa bersikap sopan, santun dan hormat kepada orang yang lebih tua, taat kepada Allah dengan shalat berjamaah, shalat dhuha, sholat sebelum belajar, Istighosah, peringatan hari besar Islam, santunan anak yatim. 


Keywords


Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Islami

References


Abidin, A. M. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MELALUI METODE PEMBIASAAN. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), Article 2.

Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–111.

Aslamiyah, N., & Fernadi, M. F. (2022). PENGARUH MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 8(01),

Aslamiyah, N., Supriyanto, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Kebijakan Pengambilan Keputusan Pimpinan Dilingkungan Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Kualitas Manajerial Pendidikan Formal. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3), 154–165.

Aziizu, B. Y. A. (2015). TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), Article 2.

Azizah, A. N. I., Hidayatulloh, A., & Apriliana, A. R. (2023). ILMU PENDIDIKAN ISLAM (Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia). Penerbit Tahta Media.

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–52.

Erlinung, N. (2022). Peranan guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membentuk akhlak peserta didik. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 417–426.

Haniyyah, Z. (2021). PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMPN 03 JOMBANG. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1),

Kamal, H. (2018). Kedudukan Dan Peran Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(1).

Kurniawan, A., Widiastuti, N., & Aslamiyah, N. (2021). PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Ar Royhan: Jurnal Pemikiran Islam, 1(02), Article 02.

Kurniawan, S., & Karakter, P. (2013). Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kusuma, E. H. (2012). Implementasi pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di sman 02 kota batu [PhD Thesis, Universitas Negeri Malang].

Muadzin, A. M. A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186.

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 867–875.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.

Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132–147.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6.

Robe’ah, I. S. (2021). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Pendidikan Ramah Anak di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(02), 95–107.

Sari, D. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49–58.

Si, A. M., & Abdul, D. H. (2012). Karakter Guru Profesional Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Sirait, I. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Islam. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 82–88.

Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa. Teras.

Wulandari, L. (2023). PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA. UNISAN JURNAL, 1(5), Article 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AL-MUNAWWIR: Jurnal Komunikasi, Pendidikan, & Syari'ah

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116