Kajian Kitab Safinah : Rukun dan Fardu Shalat Menurut Buya Yahya dan Ustadz Adi Hidayat
Abstract
Kitab Safinatun Najah merupakan salah satu rujukan penting dalam Mazhab Syafi'i terkait hukum-hukum dasar Islam, khususnya rukun dan fardhu shalat. Kitab ini menyajikan pembahasan yang sistematis mengenai rukun Islam, tata cara bersuci, serta rukun shalat secara jelas dan mudah dipahami. Dalam pengajaran fiqh, terdapat perbedaan pendekatan antara dua ulama terkemuka, Buya Yahya dan Ustadz Adi Hidayat, khususnya dalam menjelaskan rukun dan kewajiban shalat. Buya Yahya lebih menekankan kepada ketelitian dalam mengikuti mazhab Syafi'i, termasuk pentingnya tuma'ninah dan bacaan Al-Fatihah yang benar. Sebaliknya, Ustadz Adi Hidayat menggunakan pendekatan yang lebih komparatif dan fleksibel, terutama dalam memahami kesalahan bacaan dalam shalat. Keduanya juga menekankan kesempurnaan shalat dari aspek spiritual, meskipun dengan penekanan yang berbeda. Perbedaan ini mencerminkan kekayaan metode pengajaran fiqh dalam Islam dan memberikan wawasan mendalam bagi para pencari ilmu.
Keywords
References
Abdillah, M. A., & Djulianasah, D. N. (2024). Digitalisasi Kitab Safinatun Najah Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda Cipasung Cimaragas. Teknik Informatika Dan Sistem Informasi (JURTISI), 4(1), 1–9.
Al Habsyih, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 3 Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Sholat di SDN Pesanggrahan 01 Kota batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2106–2129. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/204
Annisa, U. W. (2023). Analisis Program Sekolah Sholat Dhuha dalam Upaya Penanaman Sikap Disiplin pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah PK Baturan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(4), 2687. https://doi.org/10.35931/aq.v17i4.2390
Ardiansyah, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Model Mind Mapping pada Materi Sholat Berjamaah Kelas II di SDN 2 Keniten. Social Science Academic, 1(1), 201–212. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3363
Asad, A. M., Faisol, A., & Ayun, Q. (2022). Analisis Struktural Materi Fiqih Bab Shalat Di Kitab Safinatun Najah. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(7), 280–287. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/16941%0Ahttp://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/download/16941/12733
Ashoumi, H., Hariono, T., Sirojudin, D., Santoso, M. H., Bajuri, F., Yani, M. D., Safitri, I. R., & Kholisoh, N. (2024). Penguatan Pemahaman Thoharoh dalam Kajian Kitab Safinatunnajah di Desa Asemgede Jombang. Keagamaan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3).
Aulia, D., Wahyuni, N., & Assahra, D. (2024). Pembelajaran tentang Thaharah , Mandi Wajib dan Sholat. Samakta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7.
Azzahra, A. A., Syahidin, & Budiyanti, N. (2024). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Fiqih di Pesantren Miftahul Jannah An-Nuriyyah. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14, 413–432.
Baihaqi, N. N. (2021). Masuklah dalam Islam Secara K?ffah: Analisis atas Tafsir Q 2: 208 dalam Ceramah Ustadz Adi Hidayat di Youtube. Contemporary Quran, 1(1), 1. https://doi.org/10.14421/cq.2021.0101-01
Elvina, S. N. (2022). Terapi Sholat Sebagai Upaya Pengentasan Anxiety pada Masyarakat Modern. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 64–78. https://doi.org/10.24260/as-syamil.v2i2.981
Erviana, Y., & Zahro, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Memahami Kitab Safinatun Najah Melalui Metode Ibtidai. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 117–130.
Fatoni, M. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Hafalan Sholat Dengan Metode Pembiasaan Melalui Sholat Dhuha Berjamaah di MITQ AlManar Klaten. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.47006/er.v8i1.19308
Fuadi, M. A., Mahbub, M., Ali, N. H., Wahyudi, M., & Trisnawati, D. (2022). Traces of Hadhramaut Intellectualism and Its Influence on The Development of Da’wah of 21st Century in Indonesia. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 7(2), 145–156. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jw/article/view/17481
Halimah, A., Ahmadiah, D., Maulana, A., & Supendi, D. (2023). Program Pembiasaan Sholat Berjamaah dalam Membentuk Karakter Santri di Asrama Putri Al-Husna Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(02), 81–92. https://doi.org/10.52593/pdg.04.2.01
Izzah, L. (2024). Pengaruh Praktik Sholat Khusyuk dalam Kegiatan Pembinaan Psikospiritual terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1).
Janah, S. W., Nikmah, S. S., Bariyah, Z., Maulidin, S., Nawawi, M. L., & Jazuli, S. (2024). Strategi Orang Tua dalam Menamkan Kesadaran Ibadah Sholat pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di Kampung Srikaton Kecamatan Anak Tuha. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Din, 15(1), 37–48.
Latifah, N. (2024). Strategi dan Gaya Komunikasi Dakwah Ustadz Adi Hidayat di Youtube serta Efeknya terhadap Publik. Al-Insan, 4(2), 152–171.
Maghfiroh, L., & Masruroh, S. A. (2023). Analisis Isi Ceramah Buya Yahya “ketika Ujian Hidup Terasa Melelahkan” Pada Channel Youtube Al-Bahjah Tv. Spektra Komunika, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.33752/.v2i1.3721
Malik, R. K., Thibburruhany, T., Anshori, M., Hasibuan, Z. S., Ilaihi, W., & Ali, M. (2023). Da’wah Rhetoric by Ustadz Abdul Somad and Ustadz Adi Hidayat in Conveying Da’wah Messages. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 8(2), 220–236. https://doi.org/10.18784/analisa.v8i2.2071
Mardiana, P. D., Taswilurrahaman, N., Alifah, W. N., Ramdani, A. F., & Pratami, V. N. (2024). Intergrasi Pendekatan Psikoterapi Dalam Dakwah Islam Melalui Studi Kasus Metode Dakwah Terapeutik Ustadz Adi Hidayat. Jurnal Dakwah Dan Komunkasi Islam, 5. https://doi.org/10.55352/kpi.v5i1.992
Marzuki, S., Kistoro, H. C. A., & Ru’iya, S. (2021). Kedisplinan Sholat Siswa Di Smk Muhammadiyah 2 Sleman Ditinjau Dari Pengaruh Penggunaan Gadget. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 5(1), 027. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i1.378
Nuryana, A. & L. F. (2022). Ustadz Adi Hidayat Bilingual Da’wa Message in Japan: Youtube Video Content Analysis. Proceeding of International Conference on Da’wa and Communication, 4(1), 33–41.
Official, A. H. (2024). [Kajian Musawarah] Fiqh Shalat: Makna Takbir dan Iftitah - Ustadz Adi Hidayat. https://youtu.be/ucoHjMksIww?si=OuI9jUWh6lK7Scs3
Oftaviani, S., & Negoro, N. B. (2022). Tingkat Pengetahuan Agama Penonton Tayangan Buya Yahya Menjawab pada Channel Youtube Al-Bahjah TV di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penyuluhan Agama (JPA), 9(2), 169–194.
Rahman, A., Qorib, M., & Zuliana, Z. (2023). Pelatihan Tahsin Bacaan Sholat Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Sholat Melalui Metode Muqotha’Ah Pada Ibu-Ibu Aisyiyah Ranting Puji Mulio. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6158. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17846
Ratnaningtyas, O., Fidah, F. N. A., & Unsi, B. T. (2023). Pendampingan Penerjemahan Kitab Safinatun Naja Bagi Siswi Pra Tamatan Di Pondok Pesantren an-Najah Denanyar Jombang. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 64–73. https://doi.org/10.52431/abdimasy.v1i2.917
Safinatunnajah, S. (2023). Efektivitas Penetapan Sanksi Adat Tindak Pidana Zina Dalam Perspektif Hukum Islam. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 2(1), 33–48. https://doi.org/10.56436/jocis.v2i1.172
Sahputra, E., Reswan, Y., & Baihaqi, I. (2020). Multimedia Interaktif Pengenalan Tatacara Sholat Berbasis Animasi 3D Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Media Infotama, 16(1), 32–36. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1118
Siti Ma’rifatul Ulum. (2023). Gerakan Dakwah Kiai Asnawi Di Desa Tinombala. Manaqib: Jurnal Sejarah Peradaban Islam Dan Humaniora, 2(1), 51–85. https://doi.org/10.24239/manaqib.v2i1.2431
TV, A.-B. (2025). Sholat tapi Pikirannya Kemana-mana, Sahkah? | Buya Yahya. https://youtu.be/2jopJEGnuWo?si=b4DBqLBwBSB3aAba
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 AL-MUNAWWIR: Jurnal Komunikasi, Pendidikan, & Syari'ah
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116