PEMANFATAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI UNTUK PERSONAL BRANDING PADA REDAKSI HARIAN SUMATERA EKSPRES

Regita Dwi Fernanda, Abu Hanifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi untuk personal branding di lingkungan Redaksi Harian Sumatera Ekspres. Perkembangan teknologi, khususnya media sosial, telah membuka peluang bagi jurnalis untuk membangun citra diri secara lebih efektif. Instagram, dengan fitur-fitur visual dan interaktif, terbukti menjadi platform yang efektif dalam meningkatkan personal branding bagi jurnalis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memahami pemanfaatan Instagram dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens, serta tantangan yang dihadapi dalam menyampaikan informasi yang kompleks melalui platform yang mengutamakan konten visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram tidak hanya berfungsi untuk membagikan laporan dan artikel, tetapi juga sebagai medium edukatif yang memperkuat kredibilitas jurnalis. Meski demikian, tantangan seperti menjaga keseimbangan antara sisi personal dan profesional, serta mengelola isu keamanan dan privasi, menjadi perhatian penting dalam pemanfaatan Instagram. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai strategi efektif dalam memanfaatkan Instagram untuk personal branding di kalangan jurnalis dan media.


Keywords


Instagram, Media Komunikasi, Personal Branding

References


Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook tips fotografi ponsel. Jakarta: Media Kita.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2024, Februari). Jumlah pengguna internet Indonesia tembus 221 juta orang. Diambil kembali dari https://www.apjii.or.id

Departemen Agama. (2015). Mushaf Famy Bi Syauqin Al-Qur’an dan terjemah (hlm. 516). Jakarta: Forum Pelayanan Al-Qur’an.

Ditha. (2018). Penggunaan media komunikasi bagi remaja perempuan dalam pencarian informasi kesehatan. Jurnal Lontar, 6, 13–21.

Fiantika, F. R., Waris, L., dkk. (2022). Metode penelitian kualitatif (Y. Novita, Ed.). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Mahendra, B., Markerting Communications, & Garda Perdana Security. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram. Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151–160. Diambil kembali dari www.frans.co.id

Nisrina, M. (2015). Bisnis online: Manfaat media sosial dalam meraup uang. Yogyakarta: Kobis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 AL-MUNAWWIR: Jurnal Komunikasi, Pendidikan, & Syari'ah

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116