Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Religius di MA Al-Fatah Palembang

Suryati Suryati

Abstract


Guru Aqidah Akhlak di MA Al-Fatah Palembang memainkan peran penting dalam membentuk karakter religius siswa. Mereka tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga motivator, fasilitator, dan contoh teladan. Dengan pendekatan personal, metode pembelajaran interaktif, pemanfaatan teknologi, serta materi yang disesuaikan dengan konteks siswa, guru berhasil menanamkan nilai-nilai keagamaan secara mendalam. Kolaborasi erat dengan orang tua dan masyarakat juga menjadi kunci penguatan karakter tersebut. Meski menghadapi tantangan seperti pengaruh media sosial, kurangnya dukungan keluarga, keterbatasan fasilitas, dan pelatihan, sinergi antara sekolah, keluarga, dan lingkungan sangat dibutuhkan agar nilai religius tumbuh kuat dan menyeluruh dalam diri siswa.


Keywords


peran guru, Aqidah Akhlak, karakter religius, pendidikan Islam, MA Al-Fatah Palembang.

References


Akmal Hawi. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Akmal Hawi. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Ayip Uyun & Ferry. (2024). “Peningkatan Pemahaman Siswa pada Mapel Akidah Akhlak melalui Media Islam KTP Soap Opera”. Jurnal Irsyaduna. 1(6).

Az-Zarnuji imam. (2019). Ta’limul Muta’allim Pentingnya Adab Sebelum Ilmu. Trans. Oleh

Abdurrahman Azzam (Solo:Aqwam).

Daradjat, Zakiah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam . Jakarta: Bumi Aksara.

Dwini Adirza & Abdurrasyid. (2024). “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII MTs Al-Fajar Sei Mencirim”. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 1(7).

Hidayatullah. 2015. Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak . Yogyakarta: LKiS.

IG.A.K.Wardani,Asnah Said,Durotul Yatimah. 2021. Profesi Keguruan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Maulinda Amalia Hafifah, dkk. (2024). “Profesionalisme Guru Aqidah Akhlak dalam Membangun Karakter Siswa di MA Maarif 09 Kotagajah”. Jurnal Tawadhu. 1(8).

Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi guru. Malang:UIN Maliki Press.

Nur Khalifah, D., Fathurrahman, M., & Sulistyowati, S. (2023). “The strategy of Aqidah Akhlak teachers in shaping the religious character of Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta students for the 2022/2023 academic year”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 7(2).

Nurdian Hamidah. (2024). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mencegah Perilaku Indisipliner Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso. Skripsi, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Regita. (2024). “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV di MI DDI”. Jurnal Pendidikan Islam. 1(1).

Sudarwandanim. 2012. Profesi Kependidikan. (Bandung: Alfabeta).

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 1 Ayat (1).

Wahyudi, W. E., Aisyah, N., Romlah, Asyha, A. F., Arifin, F., & Warsiyah. (2024). “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Bandar Lampung”. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 2(2).

Widayati sri . (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Elsa. 17(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 AL-MUNAWWIR: Jurnal Komunikasi, Pendidikan, & Syari'ah

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116