PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PRAKTIK PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU

Hari Advent Kristian, Ali Syahbana, Nasriah Nasriah, Ariadi Ariadi

Abstract


Penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh melalui praktik pembelajaran pada program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jenis penelitiannya berupa Penelitian Tindakan Kelas. Praktik pembelajaran dilakukan sampai 4 siklus. Pengamatan terhadap proses pembelajaran dibantu oleh observer dan pelaksanaan tes hasil belajar dilakukan langsung di kelas. Data proses pembelajaran diperoleh dengan cara pengamatan langsung oleh observer dan data hasil belajar diperoleh dengan dilakukannya tes hasil belajar. Data proses pembelajaran dianalisis secara kualitatif dan data hasil belajar dianalisis dengan perhitungan rata-rata. Penelitian dilakukan terhadap siswa-siswi SMP PG Komering OKU Timur pada bulan Oktober sampai Desember 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kekurangan dan kelemahan pembelajaran telah diperbaiki pada pertemuan pembelajaran berikutnya. Hasil belajar juga menunjukkan peningkatan yang cukup berarti


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Isna. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Aqib, Z. & Amrullah, A. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasi. Andi Offset.

Burhanuddin, Afid. (2017). Keterampilan Memberi Penguatan pada Kegiatan Belajar-mengajar. https://afidburhanuddin.wordpress.com/2017/07/14/kete-

rampilan-memberi-penguatan-pada-kegiatan-belajar-mengajar/

Dewi, Erning Yustiana. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kesebangunan dan Kekongruenan Melalui Penerapan Problem Based Learning Kelas IX A SMP Negeri 2 Jawilan. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(9), 1232-1247.

Djalal, Fauza. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Sabilarrasyad, 2(1), 31-52.

Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E. & Huda, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155-164.

Khasanah, Laelatul. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika SMP dengan Strategi Problem Based Learning. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mayawati, Mulbasari, A. S., & Nurjannah. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning di Masa Pandemi. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 81-93.

Nurkomaria, V., Lusiana, & Zainab. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 45-53.

Punia, I Wayan. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Journal of Education Action Research, 4(3)354-362.

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Situmorang, M. S. & Samosir, K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Rantau Selatan. Jurnal Inspiratif, 4(1), 72-82.

Suandi, Feri. (2018). Meningkatkan Kualitas Belajar Matematika Melaui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VII SMP Batara Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Suryaningsih, Desi. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Jember.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by :