KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

Susanti Susanti, Sarson W.Dj. Pomalato, Resmawan Resmawan, Evi Hulukati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menggunakan multimedia interaktif pada materi segitiga di kelas IV SDN 12 Bukal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah kelas IV berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berbentuk uraian yang telah melalui tahap uji validasi. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir kritis digunakan 4 indikator yaitu : 1) Identifikasi masalah, 2) Analisis, 3) Memecahkan masalah, dan 4) Menarik simpulan. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 12 Bukal setelah mengikuti proses pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif tergolong pada kategori sedang dan capaian persentase 66,00%. Selanjutnya untuk hasil setiap indikator juga tergolong pada kategori sedang karena mencapai persentase masing-masing identifikasi masalah 72,92%, analisis 64,58%, memecahkan masalah 63,89%, dan menarik kesimpulan 60,94%.


Full Text:

PDF

References


Damopolii, V., Bito, N., & Remawan. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 1(2), 74-85.

Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. JAMBURA Journal of Mathematics Education, 1(2), 83-89.

Ismail, S. & Bempah, H. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Kalkulus 1 Materi Limit Fungsi. Jurnal Entropi, 13(1), 7-13.

Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint. Deepublish.

Kurniasih, R. & Hakim, D. L. (2019). Berpikir Kritis Siswa dalam Materi Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), Universitas Singaperbangsa Karawang, 1135-1145.

Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W, Pauweni, K. A. Y., Usman K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, 9(2), 03-108.

Lestari, Novia. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Lakeisha.

Margareta, Ayu Ajeng. (2020). Pengembangan Media Pembeajaran Multimedia Interaktif untuk Materi Keliling Bangun Datar pada siswa Kelas III SDN Turus Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.

Niode, N., Zakaria, P., & Resmawan. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 62-75.

Purwanto, Ngalim. (2015). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosda Karya.

Saputra, Hardika. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perputakaan IAI Agus Salim.

Sumiyati, Wiwin. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (Critical Thinking) Siswa SMP. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Usman, P., Yahya, L., Bito, N., & Takaendengan, B. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia pada Materi Kerucut. JAMBURA Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-106.

Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Pertiwi, Wiyana. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 821-831.

Zakaria, P., Nurwan, & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Segiempat. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, 9(1), 32-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by :