KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

Susanti Susanti, Sarson W.Dj. Pomalato, Resmawan Resmawan, Evi Hulukati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menggunakan multimedia interaktif pada materi segitiga di kelas IV SDN 12 Bukal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah kelas IV berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berbentuk uraian yang telah melalui tahap uji validasi. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir kritis digunakan 4 indikator yaitu : 1) Identifikasi masalah, 2) Analisis, 3) Memecahkan masalah, dan 4) Menarik simpulan. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 12 Bukal setelah mengikuti proses pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif tergolong pada kategori sedang dan capaian persentase 66,00%. Selanjutnya untuk hasil setiap indikator juga tergolong pada kategori sedang karena mencapai persentase masing-masing identifikasi masalah 72,92%, analisis 64,58%, memecahkan masalah 63,89%, dan menarik kesimpulan 60,94%.


Full Text:

PDF

References


Damopolii, V., Bito, N., & Remawan. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 1(2), 74-85.

Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. JAMBURA Journal of Mathematics Education, 1(2), 83-89.

Ismail, S. & Bempah, H. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Kalkulus 1 Materi Limit Fungsi. Jurnal Entropi, 13(1), 7-13.

Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint. Deepublish.

Kurniasih, R. & Hakim, D. L. (2019). Berpikir Kritis Siswa dalam Materi Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), Universitas Singaperbangsa Karawang, 1135-1145.

Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W, Pauweni, K. A. Y., Usman K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, 9(2), 03-108.

Lestari, Novia. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Lakeisha.

Margareta, Ayu Ajeng. (2020). Pengembangan Media Pembeajaran Multimedia Interaktif untuk Materi Keliling Bangun Datar pada siswa Kelas III SDN Turus Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.

Niode, N., Zakaria, P., & Resmawan. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 62-75.

Purwanto, Ngalim. (2015). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosda Karya.

Saputra, Hardika. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perputakaan IAI Agus Salim.

Sumiyati, Wiwin. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (Critical Thinking) Siswa SMP. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Usman, P., Yahya, L., Bito, N., & Takaendengan, B. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia pada Materi Kerucut. JAMBURA Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-106.

Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Pertiwi, Wiyana. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 821-831.

Zakaria, P., Nurwan, & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Segiempat. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, 9(1), 32-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by : 

Main Sambil Santai Jackpot Datang Pemain Ini Bongkar Trik Scatter Efektif

Modal Kecil Kemenangan Besar Scatter Ganda Membawa Puluhan Juta Dalam Sekejap

Modal Pas Pasa?n Tak Jadi Masalah Strategi Tepat Bikin Kemenangan Fantastis

Pengalaman Nyata Modal Mini Tembus Puluhan Juta Semua Berkat Timing Yang Tepat

Retrigger Bertubi Tubi Sensasi Menang Besar Tanpa Henti Di Mahjong Ways

Scatter Muncul Di Saat Tak Terduga Uang Mengalir Deras Dalam Hitungan Menit

Scatter Tak Henti Retrigger Jalan Halus Cerita Pemain Raih Kemenangan Fantastis

Turbo Off Aktif Jackpot Meluncur Cerita Nyata Pemain Yang Tidak Menyangka

Turbo Off Scatter Ganda Kombinasi Ampuh Raih Jackpot Di Tengah Malam

Member Asal Kalimantan Utara Salah Download Mustang Gold Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Nelayan Asal Bitung Baca Tutorial Extra Juicy Saat HP Nyala Sendiri Malah Jackpot Beruntun Rp 95 Juta

Orang Asal Manado Kepencet Anak Saat Main 5 Lions Megaways Malah Aplikasi Lag Justru Beruntung

Pemain Asal Kebumen Belajar Wild West Gold Dari YouTube Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Pemain Kupang Cek Notifikasi Big Bass Bonanza Malah Temukan RTP 100 Persen

Penjual Cilok Asal Singaraja Coba Coba Gems Bonanza Saat Coffee Break Malah Ketemu Bug Cahaya Profit 300 Juta

SPB Bandar Lampung Belajar Trik Mustang Gold Dari YouTube Sambil Jualan Malah Bonus Berkali Kali Rp 105 Juta

Tukang Jahit Jambi Modal 50 Ribu Main Prosperity Lion Malah Berubah Nasib 180 Derajat

Wanita Asal Sulawesi Tenggara Download Wild West Gold Megaways Malah HP Panas Saat Di Indomaret

Zara Tukang Jam Ngetes Pola Fortune Rabbit Malah HP Panas Saat Bongkar Algoritma

3 Player Palangkaraya Riset Google Double Fortune Malah Crack Sistem SPBU Profit 35 Juta

4 Player Banjar Lihat HP Satu Sama Lain Gates Of Olympus Malah Temukan Timing Scatter Bersamaan

4 Player Samarinda Baca Artikel Mahjong Panda Di Warung Kopi Malah Ketemu Bug Scatter Melimpah

5 Player Gresik Parkir Lama Main Prosperity Lion Malah Dapat Win Streak Profit 85 Juta

5 Player Semarang Lihat Iklan Lucky Neko Sore Hari Malah Dapat Maxwin Beruntun 500 Juta

10 Trik Mahjong Wins Yang Diklaim Pemain Malah Bikin Suara Coin Terus Berbunyi

Angel Digital Marketing Lihat Iklan Spirited Wonders Saat Ngantri Makan Malah Alarm Berbunyi Jadi Sultan Dadakan

Bryan Penjaga Toko Download Aplikasi Zeus Vs Hades Malah Game Freeze Tapi Bonus Terus Muncul

Khalid Petugas Farmasi Iseng Coba Double Fortune Saat Istirahat Malah Cahaya Muncul Bonus Terus

Mekanik Bengkel Liat TikTok Spirited Wonders Malah Nemu 7 Trik Hit Rate Extreme