KAJIAN ETNOMATEMATIKA MOTIF BATIK TULIS ASLI PESANTENAN TAMBAKROMO PATI

Diah Putri Anggraeni, Vera Fitriana, Kurnia Ully Wardani, Eka Zuliana

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang motif batik Tulis Asli Pesantenan yang berasal dari Desa Mojomulyo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Jawa Tengah. Motif Batik Tulis Asli Pesantenan ini diperoleh dari perpaduan nama sejarah dan budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi  nilai filosofis dan ide matematis pada batik Tulis Asli Pesantenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Ibu Sri Puji Astuti yang merupakan Owner sekaligus pendiri dari batik Tulis Asli Pesantenan. Hasil penelitian menunjukkan sepuluh motif batik Tulis Asli Pesantenan yang didalamnya terdapat unsur bangun datar. Sepuluh motif batik tersebut adalah Anugerah Mina Pesantenan, Pakeliran, Perca Kain Batik, Burung Manggaran Daun, Cagak Lawang Majapahit, Peksi Ngigel Ing Sawah, Genuk Kemiri, Rumah Adat Pati, Kebo Anabrang Nggayuh Kamulan dan Pati Tempo Doeloe.


Full Text:

PDF

References


Arwanto, A. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40–49. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1493

Avelia, L. T., Nugraheni, F. A., & Palma, D. I. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis Lampung Motif Pucuk Rebung. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, 373–382.

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630

Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111–118. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.146

Harahap, L., & Mujib, A. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada motif batik Medan. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(2), 61–72.

Irawan, I. D., Ulumuddin, & Sulistyawati, P. (2019). Pengembangan motif tenun troso berbasis komputer grafis 1,2. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 05(February), 115–126.

Irsyad, M., Sujadi, A. A., & Setiana, D. S. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Asu. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7609

Maryati, M., & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Tarian Tradisional Pada Pembukaan Asian Games 2018. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 23. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.23-28

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Rachmawati, I., Matematika, P. S., Surabaya, U. N., & Timur, J. (n.d.). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. 18.

Rohim, D. C. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Troso Jepara Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 98–104. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p98-104

Sandelowski, M. (2000). Focus on research methods: Whatever happened to qualitative description? Research in Nursing and Health, 23(4), 334–340. https://doi.org/10.1002/1098-240x(200008)23:4<334::aid-nur9>3.0.co;2-g

Setiawan, W., & Listiana, Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Mojokerto. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.4985

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Utami, Y. P., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Perkuliahan Daring Filsafat dan Sejarah Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 82–89.

Wati, L. L., Mutamainah, A., & Setianingsih, L. (2021). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika. 3(April), 27–34.

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(2011), 35–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by :