PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA KELAS V SDN WONOSUNYO II GEMPOL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran statistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan subjek penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas 5 SDN Wonosunyo II Gempol. Teknik pengumpulan data berupa observasi dengan lembar observasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran STAD baik untuk digunakan dalam pembelajaran statistika dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika dapat menarik minat belajar peserta didik kelas 5 SDN Wonosunyo II Gempol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase aktivitas peserta didik yang mencapai 62,5% dan 75% peserta didik mampu menyelesaikan penugasan yang diberikan. Oleh karenanya, guru sebaiknya mampu menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran matematika dan mata pelajaran lain serta diharapkan peserta didik semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran.
References
Adnyana, M. E. (2020). Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Indonesia Journal of Educational Development, 1(3), 496-506.
Dewi, A. S., Isnani, & Ahmadi. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Pembelajaran terhadap Sikap dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 7-11.
Dwi, R., Esti, R., & Rachman, N. (2017). Keefektifan Model Eliciting Activities (MEAs) Berbantu Macromedia Flash terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 170-175.
Elendiana, M. & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio, 7(1), 228-237.
Hakim, A. R. & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Edu Humaniora, 4(2), 1-13.
Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 1-11.
Natalia, Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), 1-11.
Purnama, A. (2014). Keefektifan Metode Student Team Achievement Division terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Siswa pada Materi Lingkaran. Skripsi. Universitas Pancasakti Tegal.
Puspita, I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 129-134. https://doi.org/10.26555/jpsd
Putri, I. P., Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran STAD dengan Media Realia Siswa Kelas 4 SDN Dadapayam 01. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 35-42.
Putri, K. C. & Sutriyono. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295-305.
Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sudarsana, I. K. G. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 176-186.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344-350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :