SIMULASI TEKNOLOGI FRAME RELAY PADA JARINGAN VPN MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

Rahmat Novrianda D

Abstract


Pada penelitian ini diambil studi kasus pada Pelabuhan Tanjung Api-Api, dimana saat ini sedang dalam proses pembangunan jalur lintas Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api-Api. Dalam proses pembangunan ini tentunya banyak data-data penting yang perlu dikomunikasikan dengan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah). Saat ini pengiriman data-data penting tersebut masih menggunakan fax serta memanfaatkan pengiriman melalui Kantor Pos yang akan memakan waktu yang lama karena jauhnya jarak pengirim dan penerima data tersebut. Selain itu juga, permasalahan dalam keamanan pengiriman data menjadi salah satu masalah yang terjadi pada Pelabuhan Tanjung Api-Api. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dilakukan perancangan jaringan VPN (Virtual Private Network) dengan teknologi frame relay agar dapat memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi. Pada penelitian ini, hasil rancangan jaringan VPN akan disimulasikan menggunakan program Cisco Packet Tracer

 

Kata kunci: fax, VPN, metode frame relay, Cisco Packet Tracer


Full Text:

PDF

References


Fiade, A. (2013). Simulasi Jaringan: Cisco Packet Tracer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasanah, F. U., & Mubarakah, N. (2014). Analisis Kinerja Routing Dinamis Dengan Teknik RIP (Routing Information Protocol) Pada Topologi Ring Dalam Jaringan LAN (Local Area Network) Menggunakan Cisco Packet Tracer. SINGUDA ENSIKOM, 7(3), 118-124.

Kenny, K., Gunadi, K., & Santoso, L. W. (2017). Implementasi The Onion Router (Tor) Berbasis Virtual Private Network (VPN) pada Raspberry Pi. Jurnal Infra, 5(2), 125-129.

Nurhayati, A., & Pangestu, A. (2016). Simulasi Routing Protokol Berbasis Distance Vector Menggunakan Gns3 Versi 0.8. JETri Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 13(2).

Pratiwi, P. E., Isnawati, A. F., & Hikmaturokhman, A. (2013). Analisis QoS Pada Jaringan Multi Protocol Label Switching (MPLS) Studi Kasus di Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Intan Cilacap. Purwokerto: Akatel Sandhy Putra Purwokerto.

Rahmiati, P., Aryanta, D., & Priyadi, T. A. (2014). Perancangan dan Analisis Perbandingan Implementasi OSPF pada Jaringan IPv4 dan IPv6. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 2(1), 40.

Solikin, I. (2017). Penerapan Metode PPDIOO dalam Pengembangan LAN dan WLAN. Teknomatika, 7(1).

Supendar, H., & Handrianto, Y. (2017). Teknik Frame Relay Dalam Membangun Wide Area Network Dengan Metode Network Development Life Cycle. Bina Insani ICT Journal, 4(2), 121-130.

Yuniati, Y., Fitriawan, H., & Patih, D. F. J. (2014). Analisa Perancangan Server VoIP (Voice Internet Protocol) dengan Opensource Asterisk dan VPN (Virtual Private Network) Sebagai Pengaman Jaringan Antar Client. Jurnal Sains dan Teknologi Industri, 12(1), 112-121.

Zulkipli, Z., Efendi, M., & Sihkabuden, S. (2016). Pengembangan modul sistem keamanan jaringan berbasis simulasi CISCO. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 399-408.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v1i1.1063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.