SISTEM INFORMASI TATA KELOLA SURAT MASUK SURAT KELUAR PRODI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Karnadi Karnadi

Abstract


Perancangan sistem informasi tata kelola surat masuk dan surat keluar merupakan hal yang sangat penting dalam instansi yang sudah menerapakan sistem komputer dalam pengelolaannya. Pengelolaan surat di prodi yang menggunakan manual sering terjadi kesalahan dalam penyimpanan data surat dan pencarian surat. Sistem informasi tata kelola surat masuk dan surat keluar ini sangat diperlukan. Sistem informasi tata kelola surat masuk dan surat keluar ini bertujuan mengubah cara penyimpanan surat secara hardfile menjadi arsip surat berwujud softfile. Dengan dibuatnya sistem informasi tata kelola surat masuk dan surat keluar ini dapat mempersingkat waktu yang cukup lama dalam pengarsipan surat dan disposisi, mengurangi penggunaan kertas, memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pencatatan, dapat dipercepat memproses pencarian surat, memudahkan pengontrolan disposisi surat, serta mudah dalam pengoprasian. Hasil penelitian ini adalah perancangan sistem informasi tata kelola surat baru yang digunakan untuk mengganti sistem informasi yang lama (manual), dari sistem manual dengan cara mencatat sekarang dengan cara men scan hardfile menjadi softfile

Full Text:

PDF

References


Roger S. Pressman, Ph.D., Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisisi Edisi 7, 1st ed. Andi, 2012.

R. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Modula Bandung, 2013.

Analisis Dan Desain Sistem Informasi (Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Yogyakarta, Andi, 2005.

Y. Suherman, “Sistem Informasi Kearsipan Tata Kelola Surat Pada Kantor Inspeksi BRI Kota Padang,” J. RESTI Rekayasa Sist. Dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 26–33, Aug. 2017, doi: 10.29207/resti.v1i1.7.

Saropi, Step by Step CMS Mambo. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 2008.

Ferdinandus, Sandy.dkk. Perancangan Aplikasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo

Setiawan Hendi, perancangan sistem informasi surat masuk pada divisi pengelolaan rantai suplai skk migas.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v2i1.2478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.