PENERAPAN SISTEM LAPORAN MONITORING KELAYAKAN ASET PENDUKUNG KINERJA DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA KOTA LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB MOBILE

Lukman Hakim, Lukman Sunardi, Dedi Irawan

Abstract


Monitoring terhadap aset pendukung pelaksanaan tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Lubuklinggau dilakukan dengan pencatatan berupa lembar laporan terhadap kondisi aset tersebut baik kondisi maupun aktivitas perawatan yang dilakukan dalam unit kerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Lubuklinggau, selain itu sering kali mengalami kesulitan dalam memonitoring keadaan kelayakan asset pendukung tersebut di setiap pos kerja, Selain tempat yang cukup jauh dapat memerlukan waktu, tenaga, sehingga dirasakan kurang efisien. Ditambah lagi pengarsipan laporan keadaan aset berupa lembaran kertas dapat memungkinkan kotor, rusak bahkan kehilangan berkas sehingga memungkinkan data keadaan asset pendukung kerja pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Lubuklinggau tidak termonitoring dengan baik. Pada penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem dengan pengumpulan data  dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan langsung terhadap objek yang dibutuhkan di tempat penelitian (observasi), melaksakan tanya jawab langsung pada tempat penelitian (interview), mengambil beberapa foto pada tempat penelitian (dokumentasi) dan sumber referensi dari berbagai buku dan jurnal (literatur). Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah Sistem monitoring yang dapat mempermudah pengawasan terhadap aset pendukung pelaksanaan tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Lubuklinggau sehingga data kelayakan aset dapat cepat didapat bila diperlukan, serta  Sistem monitoring yang telah dibangun dapat mempermudah memonitoring keadaan kelayakan aset pendukung tersebut di setiap pos kerja, sehingga dapat  menghemat waktu, tenaga, dan biaya.


Full Text:

PDF

References


Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Lubuklinggau, Profil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Lubuklinggau. 2019.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Edisi Revi. . Yogyakarta: : Andi, 2014.

S. Z. Harahap and M. H. Dar, ““Aplikasi Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pada Upi Convention Center Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Mysql,” ,” J. Inf., vol. 6, no, pp. 24–27, 2019.

Sumarsono, Sosiolinguistik. Yogyakarta, Indonesia: Sabda, 2010.

Https://id.wikipedia.org/wiki/Aset, “Aset.” 2021.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v5i1.4199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.