SISTEM INFORMASI HIMPUNAN MAHASISWA BERBASIS WEB PADA PRODI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Meilyana Winda Perdana, Dedi Haryanto, aminullah imal alfresi, Syafi’ul Hamidani, Aidil Fadli Tegriansyah

Abstract


Dunia saat ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi, mulai dari yang paling sederhana seperti penggunaan telephone seluler sampai pada telepon pintar atau (smartphone) hingga pemanfaatan internet dengan berbagai fitur yang bertujuan untuk membantu masyarakat ataupun mahasiswa dalam memperoleh informasi. Perkembangan teknologi yang sangat cepat juga merupakan suatu alasan mengapa teknologi yang canggih sangat diperlukan dalam membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dialami dalam sebuah instansi maupun organisasi. Seperti juga halnya sebuah organisasi Bernama himpunan mahasiswa teknologi informasi (HMTI) Universitas Muhammadiyah Palembang. Mereka memanfaatkan Internet sebagai tempat untuk mempromosikan organisasi mereka, dan untuk meningkatkan kinerja organisasi. Dengan bantuan internet HMTI dapat lebih leluasa dalam memberitakan atau menginformasikan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan. Sistem Informasi himpunan mahasiswa teknologi informasi (HMTI) Universitas Muhammadiyah Palembang  tempat untuk mempromosikan organisasi mereka, dan untuk meningkatkan kinerja organisasi menggunakan bahasa program PHP dan database MySQL. Penelitian ini dilakukan untuk membantu memudahkan kinerja HMTI, membantu meningkatkan kinerja dan memberikan media sosialisasi dan media informasi tentang sistem informasi himpunan mahasiswa teknologi informasi (HMTI) Universitas Muhammadiyah Palembang. Pada penelitian ini perancangan sistem menggunakan Unified Model Leanguage (UML) yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram dan menggunakan framework CodeIgniter guna memudahkan dan mempercepat proses pengembangan aplikasi web. Kesimpulan dari penelitian ini dengan adanya sistem ini dapat lebih mudah dalam memonitoring kegiatan himpunan.


Full Text:

PDF

References


K. Anggraeni, “Pengembangan Sistem Informasi Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) STMIK Palangkaraya berbasis Web,” STMIK Palangkaraya, 2021.

M Teguh Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.

Z. R. S. Elsi, “Perancangan FTP Server Dalam Pengumpulan Administrasi Kelas Pada SD Negeri 133 Palembang,” J. Manaj. dan Komput. SIGMATA, vol. 6, no. 2, pp. 37–42, 2018, doi: 10.13140/RG.2.2.35863.42401.

S. Masturoh, D. Wijayanti, and A. Prasetyo, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada Smk Itenas Karawang,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 62–68, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i1.5375.

D. Haryanto, M. Y. Doli, and A. Fadrianto, “Aplikasi Pengolahan Data Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Dinas Koperasi, Ukm Dan Penanaman Modal Provinsi Sumatera Selatan,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 54–60, 2019, doi: https://doi.org/10.32502/digital.v2i2.2505.

T. Rahman and A. Irawan, “Sistem Informasi Pendaftaran Anggota Baru Pada Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Web Mobile,” Univ. Bina Insa. Lubuklinggau, vol. 13, no. 1, pp. 55–64, 2021.

Z. R. S. Elsi, G. Rohana, and V. Nuranjani, “New Student Admissions Information System With Client Server Based Sms Gateway,” JITK (JURNAL ILMU Pengetah. DAN Teknol. KOMPUTER), vol. 6, no. 2, pp. 159–166, 2021, doi: 10.33480/jitk.v6i2.1377.

B. Supriadi1 and L. Bachtiar, “Sistem Informasi Administrasi Pada Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sampit Berbasis Web,” J. Penelit. Dosen FIKOM, vol. 8, no. 1, p. 7, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/99/91.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v5i1.4386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.