ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN DAN IMPLEMENTASI GURU PEMBELAJAR ONLINE (GPO) PADA GURU SMKN DI KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA HOT-FIT BERBASIS SMARTPLS

Meilyana Winda Perdana, M. Izman Herdiansyah, A. Haidar Mirza

Abstract


GPO (Guru Pembelajar Online) merupakan Program yang dikembangkan oleh Kemdikbud  pasca UKG (Uji Kompetensi Guru) tahun 2015 lalu. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru, artinya guru disuruh lagi belajar untuk meningkatkan kompetensinya lewat pelatihan baik berupa tatap muka maupun online. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survei.   Pada penelitian ini populasi yang diambil adalah guru SMK Sekota Palembang. Dalam kaitan ini peneliti  mengambil  sampel  dengan  teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah seratus orang guru yang ada di SMK Negeri Kota Palembang. Instrumen Penelitian ini yaitu dari teori model Hot-Fit yang berupa angket atau kuesioner. Hasil penelitian ini yaitu Dari variabel  Human  sudah cukup baik dan mampu  dalam penggunaan aplikasi GPO pada SMKN Sekota Palembang, dari variabel  Organisasi  sudah baik untuk mendukung dalam penggunaan aplikasi GPO pada SMKN Sekota Palembang dan dari variabel  Technology  sudah cukup baik dalam penggunaan aplikasi GPO pada SMKN Sekota Palembang. Untuk itu teknologi informasi Aplikasi GPO (Guru Pembelajar Online)  tersebut dapat ditingkatkan lagi pada kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan nya  untuk memperoleh manfaat sistem pada pengguna sistem informasi tersebut, sehingga menjadi lebih berkembang dan dapat meningkatkan kompentensi guru dalam dunia pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Agung Widiatmoko, W. (2012). Evaluasi Implementasi Anjungan Layanan Akademik Mahasiswa (Alam) Universitas Kristen Satya Wacana, Program Studi Sistem Informasi FTI- UKSW.

Dharmawansyah, I. (2013). "Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Rumah Makan Pring Asri Bumiayu)." Management Analysis Journal 2(2).

Krisbiantoro, D., Et Al. (2015). "Evaluasi Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi Dengan Pendekatan Hot Fit Model (Studi Kasus: Perpustakaan Stmik Amikom Purwokerto)." Proceedings Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika (Kns&I).

Latin, Hengky dan Ghozali. (2012). "Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Novia, I. And N. Puspitasari (2008). "Faktor Risiko Yang Mempengaruhi Kejadian Dismenore Primer." The Indonesian Journal Of Public Health 4(2): 96-104.

Saputri, M. E. And T. R. Pranata (2014). "Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone." Jurnal Sosioteknologi 13(3): 193-201.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Yogyakarta: Alfabeta.

Widodo, F. A. S. And M. Sami’an (2013). "Hubungan Employee Engagement Dengan Perilaku Produktif Karyawan." Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi 2(1)




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v1i1.932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.