PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBASIS ETNOSAINS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbasis etnosains sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan menggunakan teknik pusposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,71 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,27. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan Whitung = 0,06 < Wtabel = 95,36 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran SSCS berbasis etnosains dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan. Selain itu peserta didik juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran SSCS berbasis etnosains.
This study aimed to examine the influence of Search, Solve, Create, and Share (SSCS) learning model based on ethnosciences in order to improve students’ critical thinking skill on the environmental pollution concept. The samples of study consisted of two classes using purposive sampling technique. The method used was quasi experiment with nonequivalent control group design. The results showed that the average value of N-gain of the experimental class was 0.71. It was higher than the control class (0.27). The result of Wilcoxon test showed that Wcalc = 0.06 < Wtable = 95.36, then H0 was rejected and H1 was accepted. The conclusion of this study was that the SSCS learning model based on ethnosciences could improve the students' critical thinking skill on the environmental pollution concept. In addition, students responded positively to the use of SSCS model based on ethnosciences.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwari, Nahdi, M.S, & Sulistyowati, E. (2016). Biological Science Learning Model Based on Turgo’s Local wisdom on Managing Biodiversity. AIP Conference Proceedings, 1708, 030001. doi:https://doi.org/10.1063/1.4941146
Arfianawati, S., Sudarmin., & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21 (1), 46-51.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hastuti, T.W. (2014). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/29746/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3 (1), 67-74.
Lambertus. (2009). Pentingnya melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan, 28 (2), 136-142.
Meltzer, D.E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Grains in Phisics: A possible “Hidden Variable” in Diagnostice Pretest Score. American Journal Phisics, 70 (12), 1259-1268.
Pizzini, E.L. (1996). Implementation Handbook for The SSCS Problem Solving Instructional Model. Iowa City: The University of Iowa.
Rahayu, W.E. & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4 (2), 920-926.
Rai, K. (2001). It Begins with The People: Community Development and Indigenous Wisdom. Adult Learning, 13 (1), 14-17.
Sudiana, I.M. & Surata, I.K. (2010). IPA Biologi Terintegrasi Etnosains Subak untuk Siswa SMP: Analisis tentang Pengetahuan Tradisional Subak yang Dapat Diintegrasikan dengan Materi Biologi SMP. Suluh Pendidikan, 8 (2), 43-51.
Sudiarta, I.G. (2009). Pengembangan Pembelajaran Berpendekatan Tematik Berorientasi Pemecahan Masalah Matematika Terbuka untuk Mengembangkan Kompetensi Berpikir Divergen, Kritis dan Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 2 (4), 373-392.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.1035
Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.