PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang tidak tidak bervariasi menyebabkan peserta didik menjadi bosan sehingga dapat berpengaruh pada hasil belajar. Hal ini terjadi di SMA Negeri (SMAN) 3 Palembang, sehingga dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran, yaitu menerapkan model pembelajaran double loop problem solving (DLPS). Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran DLPS terhadap hasil belajar siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Penelitian menggunakan quasi experiment dengan non-equivalent control grup design. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, daftar wawancara, dan dokumen untuk data awal sebagai informasi tentang proses pembelajaran, sedangkan instrumen data akhir untuk menjawab tujuan penelitian menggunakan soal pilihan ganda dengan tipe C2 hingga C6. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar berdasarkan tipe soal. Sedangkan uji hipotesis untuk menjawab tujuan penelitian meliputi uji t berpasangan, korelasi berpasangan dan uji t tak berpasangan pada ? 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran DLPS berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA pada materi Perubahan Lingkungan di SMAN 3 Palembang. Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran DLPS sebesar 1,74%, sedangkan sebesar 0,42% dengan pembelajaran model konvensional. Peningkatan hasil belajar dengan N-gain berdasarkan tipe soal menunjukkan pembelajaran dengan model DPLS memiliki skor N-gain lebih tinggi daripada pembelajaran dengan model konvensional.
The use of a learning model that did not vary caused students to become bored so that it could affect learning outcomes. This happened in SMA Negeri 3 (SMAN) 3 Palembang, so it needed innovation in learning, namely applying the double loop problem solving (DLPS) learning model. The study purpose was to determine the effect of DLPS learning model to students’ learning outcomes on Environmental Change material. The study used a quasi experiment with non-equivalent control group design. The study instruments included observation sheet, interview list, and documents for the initial data as information about the learning process, while the final data instrument for answering the study purpose used multiple choice questions with types C2 to C6. The data obtained were analyzed using N-gain to find out the increase of learning outcomes based on the type of question, while the hypothesis test to answer the study purpose included paired t-test, paired correlation and independent t-test at ? 0.05. The results showed that DLPS learning model had the effect on increasing the learning outcomes of Grade X students on Environmental Change material in SMAN 3 Palembang. Increasing the learning outcomes with DLPS learning model was 1.74%, while it was 0.42% with conventional learning model. Increasing the learning outcomes with N-gain based on the question type showed the learning with DPLS model had higher N-gain score than the learning with conventional model.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah. (2016). Peningkatkan Hasil Belajar Konsep Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia dalam Pelajaran Sejarah dengan Model Double Loop Problem Solving Disertai Latihan Soal pada Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015. Gema Wiralodra, 7 (3A). Diakses dari http://ejournal.unwir.ac.id/jurnal.php?detail=jurnal&file=7.%20Aminah_GW_Januari_2016.pdf&id=760&cd=0b2173ff6ad6a6fb09c95f6d50001df6&name=7.%20Aminah_GW_Januari_2016.pdf
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Bloom, B.S., ed. (1956). Taxonomy of Educational Ojectives: The Classification of Eduactional Goals; Handbook I, Cogitive Domain. New York: David McKay.
Candra, R. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Skripsi, tidak diterbitkan. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.Diakses dari http://repository.uinsuska.ac.id/8397/1/2013_2013754PIPS E.pdf
Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan Kebudayaan.
Djamarah, Syaiful Bahri. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66 (1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Haryati, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Didukung Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik pada Siswa Kelas IV SDN Sumengko 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017. Diakses dari http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.10.0033.pdf
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indrawati. (2012). Model-model Pembelajaran. Jember: FKIP Universitas Jember. Diakses dari http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/1024/modul%20Indrawati.pdf?sequence=1
Janti, S. (2014). Analisis Validitas dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industry Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST). Yogyakarta: Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Diakses dari http://repository.akprind.ac.id/sites/files/A155-160%20%20Suhar%20Janti.pdf
Manila, M. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Kelas XI SMA Negeri 5 Langsa. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Meltzer, D. E. (2002). The Realationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible “Hidden Variabel” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70 (12), 1259-1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Nuraisah, E., Irawati, R., & Haifah, N. (2016). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 291-300. Diakses dari https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3033
Nurjanah, S., Kartika, E., Mulyati, T. (2013). Pendekatan Double Loop Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 3 (2).
Pradipta, S.G., Mahfud, H., & Atmojo, I.R.W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan. Didaktika Dwija Indria, 4 (10). Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/9178
Priatna, B.A. (2008). Uji Coba Instrumen Penelitian dengan Ms Excel dan SPSS. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/19641051990031BAMBANG_AVIV_PRIATNA/Makalah_November_2008.pdf
Priyatna, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Rahayu, M.S. (2017). Pengaruh Penerapan Metode DLPS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMPN 18 Kota Jambi. Jambi: FKIP Universitas Jambi. Diakses dari http://repository.fkip.unja.ac.id/search/detil/Pengaruh%20Penerapan%20Metode%20DLPS%20terhadap%20Kemampuan%20Komunikasi%20Matematik%20materi%20Bangun%20Ruang%20Sisi%20Datar%20di%20kelas%20VIII%20SMPN%2018%20Kota%20Jambi.html
Sasri, M., Syakbaniah, & Ramli, E. (2015). Pengaruh LKS Berorientsi Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kompetinsi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 13 Padang. Pillar of Physics Education, 5, 73-80. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/1868
Sudiyono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumintono, B. & Widhiarso, W. (2015) Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.
Susilonuringsih, K. (2006). Pengaruh Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 1 di SMK Yayasan Pendidikan Ekonomi (YAPEK) Gombong Tahun Diklat 2005/2006. Skripsi, tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas lmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/234/1/1507.pdf
Sutarto & Indrawati. (2013). Strategi Belajar Mengajar “Sains”. Jember: UPT Penerbitan UNEJ.
Syofyan, H. & Halim, A. (2016). Penerapan Metode Problem Solving pada Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas V di SDN 3 Kreo Tangerang). Proceeding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu (SENDI_U) kr-2. Semarang: Universitas Stikubank (Unisbank). Diakses dari https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4289
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Wahida, Alibasya, L.M.P., & Jura, M.R. (2013). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 4 Kombo Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5 (10). Diakses dari http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/319815
Widhiarso. (2012). Membaca t-Tes. Diakses dari http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/membaca_t-tes.pdf
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.1896
Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.