PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI SISTEM RESPIRASI

Anggia Dwi Larasati, Agil Lepiyanto, Agus Sutanto, Triana Asih

Abstract


Modul dapat digunakan bagi peserta didik untuk belajar mandiri dan diintegrasikan nilai keIslaman dengan harapan peserta didik memiliki pondasi agama yang kokoh dengan cara mengetahui kaitannya materi Biologi dengan nilai Islami. Selain itu, modul harus disesuai dengan perkembangan zaman, yaitu kebutuhan teknologi elektronik (e-modul). Tujuan penelitian adalah mengembangkan dan melihat kelayakan bahan ajar berupa e-modul yang terintegrasi nilai-nilai Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan menggunakan model pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari empat tahapan: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tahap pengembangan terdiri atas validasi dan revisi. Validasi dilakukan melalui uji coba dengan 2 tahap, yaitu uji ahli (ahli desain oleh 2 dosen, ahli materi oleh 2 dosen dan 1 guru, dan ahli tafsir Ayat Al-Qur’an oleh 1 dosen) dan uji kelompok kecil (25 peserta didik). Validasi digunakan untuk kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan e-modul terintegrasi nilai KeIslaman yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran biologi pada materi sistem respirasi dengan penilaian sangat baik berdasarkan penampilan desain 85,36%, isi materi 89,22%, tafsir ayat Al-Qur’an 96,36%, dan respon peserta didik 85,60%. e-Modul dapat diakses dimana saja dan kapan saja pada Playstore melalui smartphone android dengan kata kunci “Sistem Respirasi Manusia by Anggia”.

 

Module can be used for students to learn independently and be integrated with Islamic values in the hope that students have a solid religious foundation by knowing the relationship between Biology material and Islamic values. In addition, the module must be adapted to the times, namely the need for electronic technology (e-module). The research objective was to develop and determine the feasibility of teaching materials in the form of e-module that was integrated with Islamic values.This type of research was research and development using the Thiagarajan development model (4D) which consists of four stages: define, design, develop, and disseminate. The development stage consists of validation and revision. Validation was carried out through trials with 2 stages, namely expert testing (design experts by 2 lecturers, material experts by 2 lecturers and 1 teacher, and exegesis of the Qur'anic Verses by 1 lecturer) and small group testing (25 students). Validation was used for the feasibility of the developed product. The results showed that the integrated e-module of Islamic values that has been developed was feasible for learning biology on the respiratory system material with a very good assessment. It based on the appearance of the design was 85.36%, the content of the material was 89.22%, the exegesis of the Qur'anic Verses was 96.36%, and students' response was 85.60%. e-Module can be accessed anywhere and anytime on Playstore via an Android smartphone with the keyword " Sistem Respirasi Manusia by Anggia".

Keywords


e-modul; integrasi nilai-nilai Islam; e-module; integration of Islamic values

Full Text:

PDF

References


Ali, M., Sunarno, W., & Sukarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Berbasis Karakter Islami Melalui Pendekatan Saintifik pada Tema Rotasi dan Revolusi Bumi sebagai Implementasi Kurikulum 2013. JURNAL INKUIRI, 04 (02), 57-67.

Amri, S. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Asih, T., Khayuridlo, M., & Noor, R. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Botani Tumbuhan Rendah Melalui Identifikasi Makroalga Kawasan Pesisir Barat Lampung. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2 (2), 93-102.

Dewi, L.M.I., & Rimpiati, N.L. (2016). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini. JEPUN, 01 (01), 31-46.

Fausih, Moh., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media e-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network) untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Unesa, 01 (01), 1-9.

Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 01 (01), 41-54.

Hartoyo. (2009). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Tekhnik Pendinginan dan Tata Udara Berbasis Kompetensi sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi Elektroni, 05 (01), 53-66.

Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 337-340.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Purnomo, A. (2017). Kajian Visual Desain Sampul Novel “Filosofi Kopi”. Kemadha Jurnal Seni dan Desain, 06 (02), 18-25.

Purwaningtyas, Dwiyogo, W.D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan Terori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (1), 121-129.

Riduwan & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: CV. Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i1.2766

Copyright (c) 2020 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.