PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan buku ajar berbasis model Search, Solve, Create dan Share (SSCS) pada materi perubahan lingkungan, (2) mengetahui kelayakan buku ajar, dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket respon peserta didik dan soal pretest-posttest, yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan sampel paired t-test dan dihitung dengan N-gain ternormalisasi. Hasil pengembangan buku ajar menunjukkan rata-rata hasil validasi ahli sebesar 93% dan berada pada kategori sangat layak digunakan untuk bahan ajar peserta didik. Hasil angket mengenai respon penilaian dari peserta didik sebesar 82,2% peserta didik memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Didapatkan hasil nilai postest sebesar 78,9 (kelas eksperimen) dan 68,6 (kelas kontrol). Diketahui bahwa dari uji t (kesamaan dua rata-rata) diperoleh thit(5,26) > ttab (2,02), yang berarti rata-rata N-gain peserta didik pada kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dengan rata-rata N-gain peserta didik pada kelas kontrol. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan buku ajar berbasis SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
The aims of this research were 1) to develop a textbook-based SSCS model on environmental change material, 2) to test the feasibility of a textbook-based SSCS model, and 3) to test the effectiveness of a textbook-based SSCS model to improve the critical thinking skill of students at class XI of State Senior High School (SMAN) 2 of Metro. The development model used in this research was ADDIE model consisted of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data were collected by using the validated questionnaire and the pretest-posttest test and were analyzed quantitatively and qualitatively. The data of the critical thinking skill were analyzed by sample paired t-test and calculated by normalized N-gain. The result of the development of a textbook showed the average results of the expert validation was 93% (very feasible for use as students teaching material). The result of respond of the students was 82.2%, it meant that the students gave the positive responses to the developed textbook. The scores of posttest were 78.9 (experimental class) and 68.6 (control class). The result of paired t-test was tcalculated (5.26) > ttab (2.02), it showed that mean of students' N-gain in experiment class had the significant difference to the control class. Therefore, there was significant effect of the use of a textbook-based SSCS model to improve the the critical thinking skill of students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chen, W.H. (2013). Applying Problem-Based Learning Model and Creative Design to Conic-Sections Teaching. International Journal of Education and Information Technologies, 3 (7), 76-77.
Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model search, Solve, Create and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian pendidikan, 12 (01), 1-10.
Johan, H. (2013). Pengaruh SSCS Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Konsep Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Matematika & IPA, 4 (1), 13-18.
Johnson, E.B. (2009). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.
Kemdikbud. (2013). Pembelajaran Biologi Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat PSMA.
Kemendikbud. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Liliasari. (2011). Membangun Masyarakat Melek Sains Berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran. Diakses dari http://liliasari.staf.upi.edu/files/2011/05/Makalah-Semnas-UNNES-2011.Liliasari.pdf.
Loranz, D. (2008). Gain Score. Diakses dari http://www.tmcc.edu./vp/acstu/assesment/downloads/documents/reports/archives/discipline/0708/SLOAPHYSDisiciplineRep0708.pdf.
Ngussa, B.M. (2014). Application of ADDIE Model of Instruction in Teaching Learning Transaction among Teachers of Mara Conference Adventist Secondary School Tanzania. Journal of Education and Practice, 5 (25), 1-2.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Jakarta: Sekretariat Negara.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.661
Copyright (c) 2017 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.