PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI SEBAGAI UPAYA MEMPERSIAPKAN GENERASI ABAD 21

Nita Nuraini

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi dalam rangka mempersiapkan generasi abad 21. Penelitian dilakukan pada mata kuliah Fisiologi Hewan di salah satu Universitas Swasta di Kota Palembang, semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Instrumen penilaian berpikir kritis diperoleh dengan tes essay mengacu pada 6 keterampilan berpikir kritis menurut Facione (2013) dengan masing-masing sub keterampilan serta panduan pertanyaan-pertanyaan yang memacu kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi memiliki skor nilai dan kriteria yang berbeda-beda pada tiap keterampilannya. Keterampilan interpretasi, menyimpulkan dan mengevaluasi memiliki skor 78,18; 84,17 dan 84,29 dengan kriteria baik. Keterampilan menganalisis (analisis) dan menjelaskan (penjelasan) memiliki skor 66,06 dan 57,78 dengan kriteria cukup, sedangkan keterampilan pengaturan diri memiliki skor nilai 42,78 dengan kriteria sangat kurang. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki oleh mahasiswa calon guru biologi sebagai bekal dalam upaya mempersiapkan generasi abad 21 yang mampu berdaya saing dan menyelesaikan berbagai tantangan di masa depan.

 

This research aimed to analyze the critical thinking skill of student of biological teacher candidate in order to prepare the 21st century generation. The research was done on animal physiology material at one of Private Universities in Palembang City, even semester. The research method used was descriptive with quantitative approach. The sampling technique used was random sampling. The instrument of critical thinking assesment was obtained by the essay test refered to 6 critical thinking skills according to Facione (2013) with its each sub skill and the question guide that refered to critical thinking ability. The result showed that the critical thinking skills of student of biological teacher candidate had the different scores and criteria on each skill. The skill of interpreting, concluding and evaluating had scores 78.18, 84.17 and 84.29 respectively with good criteria. The analyzing and explaining skills had 66.06 and 57.78 respectively with enough criteria, whereas the self-regulating skill had 42.78 with very less. The critical thinking skill is very important to be possessed by student of biological teacher candidate as the provision of efforts to prepare the 21st century generation that are capable of competitiveness and can solve the various challenges in future.

Keywords


keterampilan berpikir kritis; abad 21; critical thinking skill; 21st century

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anjarsari, P. (2014). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam Pembelajaran IPA SMP. Makalah disampaikan dalam PPM “Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013 dengan Workshop Pengembangan LKS IPA Berpendekatan Guided Inquiry untuk Mengembangkan Thinking Skills dan Sikap Ilmiah Siswa”, 23 Agustus 2014. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Arends, R.I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP (Badan Standar Nasonal Pendidikan). (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI versi 01 Tahun 2010. Diakses dari https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigmapendidikan-nasional-abad-xxi.pdf

Ennis, R.H. (1993). Critical Thinking Assesment. Journal Theory and Practice 32 (2): 179-186.

Facione, P.A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae, CA: Measured Reasons and The California Academic Press.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hassoubah, Z.I. (2002). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Jakarta: Nuansa.

Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna (Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: Penerbit MLC.

King, F.J., Ludwika, G. & Faranak R. (1997). Higher Order Thinking Skills, Publication of the Educational Services Program, Center for Advancement of Learning and Assessment. Diakses dari www.cala.fsu.edu

Noel, B.M. & Parker, R. (1986). Critical Thinking Evaluating Claims and Arguments in Everyday Life. California: Mayfield Publishing Company.

Omrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Ontario Ministry of Education. (2016). 21st Century Competencies: Towards defining 21st Century Competencies for Ontario. Diakses dari www.ksbe.edu/_assets/spi/pdfs/21_century_skills_full.pdf.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah. (2001). Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Surya, M. (2016). Guru Profesional: Strategi Membangun Generasi Emas. Artikel Seminar dengan tema: Peran Guru dalam Mempersiapkan Genarsi Emas Indonesia Oleh Telkom University bekerjasama dengan Radio K.Lite FM, 22 Desember 2016. Bandung: Trans Studio Bandung.

Snyder, L.G. & Snyder, M.J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Epselon Journal, 50 (2), 90-99.

Wibowo, M.E. (2012). Menyiapkan Bangkitnya Generasi Emas Indonesia. Diakses dari http://bk-fkip.umk.ac.id/2012/09/menyiapkan-bangkitnya-generasi-emas.html

Woolfolk, A. (2008). Educational Psychology: Active Learning 10th Ed. Boston, MA: Allyn & Bacon.

Zhou, Q., Huang Q. & Tian, H. (2013). Developing Students’ Critical Thinking Skills by Task-Based Learning in Chemistry Sexperiment Teaching. Creative Education, 4 (12A), 40-45.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.676

Copyright (c) 2017 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.