IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Biologi materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 3, SMA Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu apabila 75% peserta didik aktif dan 80% peserta didik mencapai KKTP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu: 73,65% (pra-siklus), 81,65% (siklus I), dan 86,57% (siklus II). Sementara ketuntasan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu: 69,71% (pra-siklus), 76,28% (siklus I), 84,85% (siklus II). Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X IPA 3 di SMA Srijaya Negara Palembang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisaputro, S. E., & Rosidi, I. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat. J-KIs (Jurnal Komunikasi Islam), 01(01), 1–27. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.118
Astuti, K. A., Supu, A., Sukarjita, W., & Lantik, V (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal BASICEDU, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Pedagogik - Filosofi. Jurnal BASICEDU, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.
Indrawati, Mahardika, I. K., Prihatin, J., Supeno, Astutik, S., Sudarti, & Wicaksono, I. (2021). The effect of the group investigation-guided inquiry (GI-GI) learning model to improve students’ collaboration and science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1). Diambil dari https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/2104/1/012027
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Semester II. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Depdikbud.
Khairiyah, U., & Dewinda, H. R. (2022). Peran Pendidikan Karakter dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang Bermutu. Psyche 165 Journal, 15(3), 119–124. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i3.175
Kosasih, A.M., & Mulyani, S. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 396-435. https://doi.org/10.36989/didaktik.v2i2.52
Kumala, A. M., Chasanatun, F., & Misini. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Peserta didik Kelas IV SDN 01 Demangan Kota Madiun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1059–1069. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7797
Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 613–621. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1294
Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., & Billah, S. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta didik Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50-59. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v3i2.1203
Nurdini, D. H. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Asaatidzah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. 1(2), 124-138. Diambil dari https://kreatif-pai.org/jurnal/index.php/asaatidzah/article/view/30
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta didik Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 4(2), 492-498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Siagian, B. A., Situmorang, S. N., Siburian, R., & Sihombing, A., Harefa, R.Y.R., Ramadhani, S., & Sitorus, A. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Merdeka Belajar di SMP Gajah Mada Medan. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagament, 3(2), 339–344. https://doi.org/10.47679/ib.2022227
Sopianti, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN – Journal of Music Education, 1(1), 1–8. Diambil dari https://ejournal.upi.edu/index.php/kanayagan/article/view/50950/0
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Surat, I. M. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 20(2), 244-253. Diambil dari https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/499
Surbakti, M., & Panjaitan, P. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Dengan Metode Kooperatif Di Prodi Pend. Fisika Fkip Uhn Medan. Jurnal Visi Eksakta, 1(1), 63-78. https://doi.org/10.51622/eksakta.v1i1.49
Sutrisno, L. T., & Hernawan, A. H. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. Journal of Elementary Education, 06(01), 111–121. Diambil dari https://ejournal.edupena.id/index.php/jurnaledupena/article/view/55
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Waisah, W., Hayati, M. N., & Fatkhurrohman, M. A. (2020). Pengaruh POE berbasis Blended Learning Terhadap High Order Thingking Skill (HOTS) Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.24905/jpmp.v4i1.1516
Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 4(3), 252–256. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.498
Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian, 11(2), 237-266. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.6771
Copyright (c) 2023 Fadhila Tamara, Yusnita Yusnita, Ermayanti Ermayanti
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.