PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial serta hasil belajar kognitif mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah PTKLS (PTK berbasis Lesson Study). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Pengembangan Kurikulum. Jumlah mahasiswa sebanyak 18 orang yang terdiri dari 2 mahasiswa laki-laki dan 16 mahasiswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif mahasiswa peserta mata kuliah Pengembangan Kurikulum. Keterampilan sosial mahasiswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata keterampilan sosial mahasiswa adalah 72,00 sedangkan pada siklus II adalah 76,55. Model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar kognitif mahasiswa pada siklus I adalah 79,13, sedangkan pada siklus II adalah 79,29.
This research aimed to improve the social skill and the cognitive achievement of students through the implementation of Think Pair Share model. This type of research was PTKLS (Classroom Action Research based on Lesson Study). This study was conducted at two cycles. The subject of this research was the students who were studying Curriculum Design material as many as 18 persons. They were consisted of 2 male students and 16 female students. The results showed that Think Pair Share Learning Model could improve students' social skill and cognitive achievement on Curriculum Design material. Students' social skill showed the increase in scores from the first cycle to the second cycle. The average score of social skill at the first cycle was 72.00, while at the second cycle was 76.55. This learning model could also improve the cognitive achievement, from the first cycle (79.13) to the second cycle (79.29).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwansyah, Purnomo, E. & Pargito. (2015). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dengan Menggunakan Model Simulasi. Jurnal Studi Sosial, 3 (1).
Antayani, K. D., Sanjaya, B. D., Suastika, N. I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Pewarganegaraan, 8 (2).
Barnes, S.F. (2007). Essential Life Skills. Accessed from http://interwork.sdsu.edu/ elip/bve/documents/EssentialLifeSkills_000.pdf on 14th of June 2016.
Boleng, D.T. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Bakteriologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman. Prosiding, Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS yang Diselenggarakan Oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1 November 2015. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kagan. (1994). Online Teaching Resource Think-Pair-Share. Accessed from http://www.eworkshop.on.ca/edu/pdf/Mod36_coop_think-pair-share.pdf on 6th of October 2013.
Kwok, A.P. & Lau, A. (2015). An Exploratory Study On Using The Think-Pair-Share Cooperative Learning Strategy. Journal of Mathematical Sciences, 2, 22-28.
Salam, D.A. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan (Eksperimen Kuasi Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN Sakerta Barat Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan). Jurnal Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Edisi Khusus, (2).
Samani, M. (2012). Menggagas Pendidikan Bermakna. Surabaya: Penerbit SIC.
Sa’dijah, C. (2006). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share TPS. Malang: Lembaga Penelitian UM.
Scott. (2015). The Futures of Learning 2: What kind of Learning for The 21st Century. Diakses dari http://unesdoc.org/images/0024/002429/242996E.pdf pada tanggal 20 Oktober 2016.
Sugiarto, D. & Sumarsono, P. (2014). The Implementation of Think-Pair-Share Model to Improve Students’ Ability in Reading Narrative Texts. International Journal of English and Education, 3 (3), 206-215.
Sampsel, A. (2013). Finding the Effect of Think Pair Share on Student Confidence and Participation. Honors Project Paper 28. Accessed from http://scholarworks.bgsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1029&context=honorsproject on 3rd of January 2017.
Susilo, H. (2005). Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Makalah disajikan pada pelatihan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) pada pembelajaran dengan tema “Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Selama Pembelajaran sebagai Langkah Strategis Implementasi Kurikulum 2004” bagi para guru dan mahasiswa sains biologi dalam rangka RUKK VA, 25 Juni 2005.
Susilo, H. (2012). Lesson Study dalam Bentuk penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Biologi dengan tema “Lesson Study sebagai Peningkatan Kualitas Pengajaran”di Gedung Soetarjo Universitas Jember, 27 Oktober 2012.
Trent, Kathlen Sipos. (2013). Thesis: The Effects of The Instruction Technique Think-Pair-Share on Students’ Performance in Chemistry. Accessed from http://etd.lsu.edu/docs/available/etd-07022013145716/unrestricted/Thesiseditorsfixes.pdf on 6th October 2013.
Zubaidah, S. (2006). Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions). Makalah dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Persiapan PTK PHK A2 Setting wilayah Pertanian, Jurusan Biologi FMIPA UM, Malang, 16 Juli 2006.
Zubaidah, S. & Corebima, A.D. (2016). Remap Coople (Reading–Concept Map–Cooperative Learning. Malang: Aditya Media Publishing.
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.782
Copyright (c) 2017 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.