PENGARUH METODE PETA KONSEP (Menggunakan Macromedia Flash) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Muhammad Isnaini, Syarifah Syarifah, Apriyansah Apriyansah

Abstract


Faktor utama yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah metode pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa MTs Patra Mandiri Plaju Kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah The pretest-posttest non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan untuk penelitian 2 kelas, pengambilan sampel ini dengan teknik cluster sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kognitif dengan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash pada materi Gejala Biotik dan Abiotik di MTs Patra Mandiri Plaju. Hasil ini juga menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, peningkatan hasil belajar kognitif ini dapat dilihat dari rata-rata gain score Kelas Eksperimen sebesar 2,73, lebih besar dari rata-rata gain score Kelas Kontrol, yaitu 2,34.

 

Students’ learning outcomes were still relatively low at Celluler Biology Subject because the implementation process of learning was centered on lecturer and stundents found it difficult to understand the subject material. This study aimed to determine the application of learning journal as a tool in the effort to increase students understanding of Celluler Biology concept. The study was conducted at 53 second semester stundents (26 students for class 2A and 27 students for class 2B) of Biology Education Program Study of PGRI Teachers' Training College, Madiun. The study was conducted during three meetings for KD 1-3 (Kompetensi Dasar=Basic Competence) of Celluler Biology Subject. The collected data were the implemented STAD data, the learning journal data and the concept understanding data. The concept understanding data were obtained by giving the quiz questions at the end of learning. The study result showed that the learning with implementation of learning journal increased from first meeting at 13.32 became 13.42 at meeting II and III, and there was the increase of quiz value from each KD on both medium and low categories.


Keywords


metode peta konsep; macromedia flash; hasil belajar; concept map method; learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. (2007). Reseacrh Methods In Education (6th ed). New York: Routledge.

Hartantio, Y. & Buditjahjanto, A. (2014). Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Digital di SMKN 1 Driyorejo Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03 (1), 133–140.

Marjono, Sunyoto, L. & Mahmudah, S. (2005). Pengaruh Pemberian Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan Siswa Kelas II Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2002/2003. Bioedukasi, 2 (1), 8–12.

Priyatno. (2010). Paham Analisa Statistika Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Rahayuningsih, R., Masykuri, M. & Utami, B. (2012). Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Disertai Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Kelarutan Kelas XI IPA SMAN 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (1), 51–58.

Rahman, N. (2013). Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Some, I.M., Arbie, A. & Payu, C.S. (2013). Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Diakses dari http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFMIPA/article/download/3429/3405




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i1.962

Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.