ANALISA KIMIA SURIMI IKAN MUJAIR (Oreochromis mossambicus L.) yang DIPENGARUHI LAMA DAN JENIS PENYIMPANAN DINGIN

Heni Domonita Harahap, Suyatno Suyatno, Rudi Nurpajri

Abstract


Surimi merupakan produk setengah basah (konsentrat protein ikan) yang dihasilkan dengan cara mencuci daging ikan secara berulang-ulang untuk mendapatkan protein larut garam dalam bentuk miofibril. Surimi dapat diproduksi dari ikan air laut maupun ikan air tawar, termasuk ikan berdaging putih maupun daging       merah. Ikan mujair (Oreochromis mossambicus) merupakan ikan konsumsi dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Peningkatan produksi ikan mujair terus meningkat pada industri fillet dan olahan produk lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk Mempelajari perubahan karakteristik kimia surimi ikan mujair (Oreochromis mossambicus L.) akibat pengaruh lama dan jenis penyimpanan dingin. Penelitian dilaksanakan di laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang dan Balai Riset dan Standarisasi Industri Palembang pada bulan bulan Mei 2017 - Juli 2017.Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design). Penelitiannya terdiri dari dua petak yaitu jenis penyimpanan dingin (petak utama) dengan dua perlakuan (penyimpanan freezer dan menggunakan es) dan lama penyimpanan (anak petak) dengan empat perlakuan (penyimpanan 0 hari, 3 hari, 6 hari dan 9 hari), sehingga membentuk delapan kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak tiga kali. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah analisis kimia meliputi kadar air, kadar protein dan pH. Jenis penyimpanan berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air, kadar protein dan  pH pada surimi ikan mujair yang dihasilkan. Lama penyimpanan berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air, kadar protein, pH pada surimi ikan mujair yang dihasilkan. Interaksi perlakuan jenis dan lama penyimpanan berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air, kadar protein, pH pada surimi ikan mujair yang dihasilkan. Kadar air terendah, kadar protein dan pH tertinggi, terdapat pada interaksi perlakuan P1W0 (jenis penyimpanan freezer dan penyimpanan 0 hari) dengan nilai rata-rata 76,378%. 16,92%  dan 6,67.


Keywords


Analisa Kimia, Surimi, Ikan Mujair

Full Text:

PDF

References


Afrianto, E dan E, Liviawati.2006. Pengawetan dan Pengolahan Ikan. Kanisius, Yogyakarta.

Djarijah, Abbas Sergar., 1995 : Pakan Ikan Alami, penerbit Kasinus, Yogyakarta, Cetakan pertama, halaman 31 – 48.

Hafiluddin. 2012. Pengaruh Pencucian dan Penambahan Cryoprotectan pada Karakteristik Surimi Ikan Patin (Pangasius sp). Jurnal Rekayasa Volume 5 No.1.

Irawan, A. 2005. Pengawetan Ikan Hasil Perikanan. CV. Aneka, Solo.

Irianto, H dan Soesilo, I. 2007. Dukungan Tekhnologi Penyediaan Produk Perikanan. Badan riset kelautan dan perikanan.

Junianto. 2003. Teknik Penanganan Ikan. Seri Agriwawasan Penebar Swadaya. Jakarta.

Murniyati, S dan Sunarman. 2000. Pendinginan Pembekuan dan Pengawetan Ikan. PT. Kanisus. Yogyakarta.

Risnajati, D. 2010. Pengaruh Lama Penyimpanan dalam Lemari Es terhadap pH, Daya Ikat Air, dan Susut Masak Karkas Broiler yang Dikemas Plastik Polyethylen.Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan. 13 (6) : 65 -77.

Rahayu, F. D, Damiana, R, E dan Risa,T. (2013). Infestasi cacing parasitik pada insang ikan mujair (Oreochromis mossambicus). Jurnal Acta Veterinaria Indonesiana. 1(1): Hal 8-14.




DOI: https://doi.org/10.32502/jedb.v11i2.5674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edible: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Teknologi Pangan

Indexed by:

      

Contact Person:
Rika Puspita Sari..MZ
Edible : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknologi Pangan
Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/Edible

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.