Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi)

Bobby Briando, Wisnu Widayat, Sohirin Sohirin, Budy Mulyawan, Arief Febrianto, M. Arief Adillah, Habbi Firlana, Pascalis Danny Kristi Wibowo, Anida Sri Rahayu Mastur

Abstract


Informasi dan teknologi membuat masyarakat semakin sadar akan kebutuhannya, termasuk kebutuhan akan pelayanan publik yang berkualitas. Dalam mengimplementasikan peningkatan kualitas pelayanan publik, tidak terlepas dari kontribusi kinerja pegawai. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menempatkan motivasi dan kompetisi sebagai faktor yang mempengaruhi kualitas kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam apakah terdapat pengaruh antara motivasi dan kompetensi khususnya pada kantor imigrasi sebagai garda terdepan dalam menjalankan tugas dan fungsi keimigrasian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Hasil penelitian menemukan bahwa motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi dengan memberikan kontribusi sebesar 21,29%. Koefisien regresi yang bernilai positif ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi maka akan semakin tinggi pula kinerja. Kemudian kompetensi juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi dengan memberikan kontribusi sebesar 55,88%. Koefisien regresi yang bernilai positif ini berarti bahwa semakin tinggi kompetensi akan membuat kinerja semakin baik.  Motivasi dan kompetensi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi. Oleh karena itu, motivasi dan kompetensi memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Semakin tinggi motivasi dan kompetensi akan meningkatkan kinerja karyawan. Motivasi dan kompetensi memberikan kontribusi sebesar 77,17% terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Motivation, Competence, Performance of employees

Full Text:

PDF

References


Adji Sigit Sutedjo, A. P. M. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 120. https://doi.org/10.26740/bisma.v5n2.p120-129

Alfarizi, M. I. (2021). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitemen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Indo Pangan Sentosa).

Bukhari dan Sjahril Effensi Pasaribu. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja. 2(1), 89–103.

Chris Brewster and Ariane Hegewisch. (2017). POLICY AND PRACTICE IN EUROPEAN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT (CHRIS BREWSTER AND ARIANE HEGEWISCH, Ed.). 2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon OX14 4RN: Routledge.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (4th ed.). Pustaka Belajar.

Dana Raspaty, Ronny Gosal, dan M. M. (2018). Kinerja Aparatur Sipil Negara Kantor Imigrasi Kelasi I Manado Dalam Penerbitan Paspor. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Elliot, A. J., Dweck, C. S., & Yeager, D. S. (2017). Handbook of competence and motivation: Theory and application. In Handbook of competence and motivation: Theory and application., 2nd ed.

Faizal, R., Sulaeman, M., & Yulizar, I. (2019). Pengaruh Budaya, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. EBA Journal: Journal Economics, Bussines and Accounting, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.32492/eba.v5i1.706

Hasibuan. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah.

Ibrahim, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Pengelolaan PTS Diantara Kompetensi dan Kinerja Dosen.

Indriani, I. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Pada Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Umum Dr Slamet Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(2), 93–100.

Juniantara, I. W., & Riana, I. G. (2015). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Di Denpasar. 09, 611–628.

Kartika, E. W., & Kaihatu, T. S. (2012). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja ( Studi Kasus pada Karyawan Restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya ).

Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Maryam Muhammad. 4(2).

Maslow, A. (1984). Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Parwidi, P., & Muntaha, M. (2020). Analisis Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pontianak. Jurnal Ilmiah Aset, 22(1), 43–50. https://doi.org/10.37470/1.22.1.160

Robbins, T. A. J. dan S. P. (2013). Perilaku Organisasi (12th ed.). Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

T. Hani Handoko. (2014). Pengantar Manajeman Karangan T . Hani Handoko Bab 2.

Wibowo, P. D. (2016). Budaya Organisasi (Edisi Kedu). Depok: Rajawali Pers.

Wijaya, G. T. S. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta. Politeknik Imigrasi.




DOI: https://doi.org/10.32502/jimn.v13i2.7190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen is published by Pascasarjana Management Department. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED / ABSTRACTED

     BASE Logo      logo