Perancangan Mesin Peleleh Biji Plastik Sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Plastik dengan Penerapan Metode Value Engineering

Merisha Hastarina, Ansyori Masruri, Surya Adi Saputra

Abstract


Plastik merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar saat ini, kesulitan dalam pengolahan limbah plastik ini adalah sulitnya plastik untuk diurai. Karena plastik sulit diuraikan namun masih dapat diolah kembali dengan cara dilelehkan dan dijadikan bahan baku untuk digunakan kembali. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah value engineering, mesin peleleh plastik ini dibuat dengan menggunakan proses manufaktur dan menggunakan bahan yang mudah didapat, sehingga harapannya bahwa alat ini akan dapat di modifikasi dan dikembangkan serta digunakan oleh banyak pihak yang membutuhkan. Model yang sedikit membedakan dari kegiatan perancangan sebelumnya ada bentuk mesin yang vertikal dengan menggunakan satu pemanas. Berdasarkan hasil analisis bahwa rangka tuas sesuaikan dengan postur tubuh rata-rata operator sehingga ukuran yang didapatkan adalah 100 cm, lalu rangka pemanas di berikan ruang untuk penempatan pemanas yang sedikit berjarak jika nantinya ada penambahan pemanas.


Keywords


Plastik; Mesin Peleleh; Limbah; Injection Molding; Perancangan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/js.v4i2.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.