Evaluasi Fungsi Sumber Daya Manusia, Produksi dan Operasi pada PT Dinamika Sumbar Jaya dengan Audit Manajemen

Rafiqa Fijra

Abstract


Salah satu kekuatan perusahaan agar dapat bertahan dalam ketatnya persaingan bisnis saat ini adalah kemampuan dalam memahami potensi kelemahan pada pengelolaan program yang dimilikinya. PT Dinamika Sumbar Jaya adalah salah satu BUMD di Sumatra Barat. Penilaian terhadap pengelolaan program dilakukan pada PT Dinamika Sumbar Jaya untuk memperoleh Opportunity For Improvement (OFI), OFI digunakan sebagai acuan dalam merumuskan rekomendasi perbaikan pada perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap audit manajemen. Penilaian pengelolaan program dilakukan pada Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Manajemen Operasi. Tahap-tahap audit manajemen yang dilakukan berpedoman kepada Kertas Kerja Audit (KKA). Pada pelaksanaan audit diperoleh bukti audit, kemudian bukti audit tersebut disusun ke dalam daftar temuan audit. Selanjutnya, daftar temuan audit tersebut menjadi dasar dalam perumusan rekomendasi perbaikan pada manajemen SDM dan Operasi di PT Dinamika Sumbar Jaya. Audit manajemen yang dilakukan menghasilkan sejumlah Opportunity For Improvement (OFI) pada manajemen Sumber Daya Manusia dan Operasi. OFI tersebut disusun di dalam 5 ringkasan temuan negatif. Berdasarkan perolehan OFI dirumuskan 8 rekomendasi perbaikan.


Keywords


Audit manajemen; Manajemen operasi; Manajemen SDM; Temuan audit

Full Text:

PDF

References


A.Rahmawati, E.R.Wulandari, A.Rasyidi, A.Rachman, Audit Manajemen dalam Menunjang Efektifitas dan Efisiensi atas Fungsi Penjualan pada PT.Aldik Sejahtera Bersama, Jurnal Ekonomi Akuntansi Vol. 3. Issue. 3, 2017.

E.U.Kurnia, Dwiatmanto dan D.F.Azizah, Audit Manajemen Bagian Sumber Daya Manusia, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),vol. 26 No. 2 September 2015.

H.A.Maria, M.Dzulkirom, Dwiatmanto, Analisis Audit Operasional untuk Menilai Efektifitas, Efisiensi, dan Ekonomisasi Fungsi Pemasaran, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 33 No. 1 April 2016.

H.I.Rahim,” Dua BUMD Sumbar Resmi ditutup,”Harian Umum Singgalang, 1 Maret 2018, [Online] https://hariansinggalang.co.id. [Diakses pada: 28 Januari 2020].

I.A.W.Ningrum, Audit Manajemen untuk Menilai Efektifitas Fungsi SDM Sub Bagian Keuangan Pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cilacap, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

I.P.Suryani, M.Dzulkirom, Dwiatmanto, Analisis Audit Operasional untuk Menilai Efisiensi, Efektifitas, dan Ekonomisasi Bagian Produksi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),vol. 20 No. 1 Maret 2015.

IBK.Bayangkara, Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi, Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Implementasi Audit SDM Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah Baitul Maal Waat Tanwil,Banguntapan, Bantul,Yogyakarta, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

L.P.V.I.Perdanawati dan N.D.A.Amrita, Audit Operasional terhadap Fungsi Penjualan Barang Dagang untuk Mengukur Efisiensi dan Efektifitas pada Koperasi Unit Desa Mambal di Kabupaten Bandung, Jurnal Riset Akuntansi, vol. 08 No. 1, Maret 2018

M.Iqbal, Peluang Bisnis & Manajemen Bengkel Mobil. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2005.

M.Iqbal,Mendongkrak Kinerja Bisnis Bengkel Roda 4 & Roda 2. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2007.

M.O.Oktaviani, M.Dzulkirom, Dwiatmanto, Analisis Audit Operasional Bagian Produksi, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 32 No. 2 Maret 2016.

M.Y.Aminuddin, Audit SDM pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ende, Al Achyad: Jurnal Ilmu Keislaman, vol.1.No.1. September 2016.

M.Yusup, Audit Manajemen, Majalah Bisnis dan Iptek Vol.7, No. 2, Oktober 2014, 58-6.

R.A.Hijayati, M.Dzulkirom, A.Husaini, Analisis Audit Operasional dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas, Efisiensi, dan Ekonomisasi Bagian Produksi, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 12 No. 1 Juli 2014.

Rosdiyanti, Audit Operasional atas Fungsi Produksi Perusahaan, Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, Volume I No. 1, Februari 2016.

Soekarjo. R J. Gubernur dorong BUMD Pemprov jadi PT. Media Online. www.beritajatim.com [Diakses pada: 3 September 2012].

Tebety, A.Sanzana, Penerapan Audit Operasional untuk Menilai Efektifitas, Efisiensi, dan Ekonomisasi bagian Produksi, Skripsi, Universitas Brawijaya, 2013.

Y.Firmansah, Pemahaman Kembali Kepada Audit Sumber Daya Manusia, Al Tijarah : Vol.1, No.1, Juni 2015 (73- 96).Available at: http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index. php/altijarah. [Accessed Jan. 21,2020].

Y.P.S.Nasution, A.Prasetya, Audit Manajemen untuk Menilai Kinerja Fungsi SDM, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 40 No. 2 November 2016.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v5i1.2918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.