Usulan Rancangan Tata Letak Penyimpanan Palm Kernel Berdasarkan Mutu dengan Pendekatan Activity Relationship Chart (ARC)

Mayanita Mayanita, Merisha Hastarina

Abstract


Salah satu perusahaan yang memproduksi PKO (Palm Kernel Oil) adalah PTPN VII Unit Betung. PKO diproduksi di PPIS (Pabrik Pengolahan Inti Sawit), PPIS di perusahaan tersebut sudah sangat baik dalam  proses produksinya, mulai dari kualitas bahan baku sampai hasil akhir dalam bentuk produk minyak maupun bungkil diawasi dengan baik sehingga minyak yang didapatkan bisa maksimal dengan kualitas yang baik. Namun, di dalam PPIS bahan baku inti sawit atau yang disebut Nut (kernel) diletakkan di areal pabrik tanpa ruang penyimpanan khusus, sehingga selain memakan ruang hal tersebut juga bisa menyebabkan risiko seperti; kecelakaan kerja, kualitas bahan baku yang berkurang, terkontaminasi kotoran serta akan ada kemungkinan terbuangnya bahan baku yang tercecer ke sudut pabrik. Selain menentukan penyimpanan berdasarkan mutu atau kualitas dari kernel penulis juga menggunakan Activity Relationship Chart (ARC) sebagai pendekatan kualitatif. Dari kondisi PPIS saat ini diperlukan perancangan ulang untuk menambahkan tempat penyimpanan kernel, dilihat dari nilai rata-rata mutu kernel dan dari pendekatan activity relationship chart kita bisa mengklasifikasikan penyimpanan menjadi beberapa tempat sesuai mutu dan sumber bahan baku atau pemasok kernel. Desain ulang yang diusulkan adalah dengan menambahkan bak atau tempat penyimpanan khusus agar kualitas bahan baku bisa terjaga dengan baik.


Keywords


Activity Relationship Chart (ARC); Layout; Palm Kernel Oil (PKO)

Full Text:

PDF

References


Ananda, Susy, dan Fifi. 2015. Usulan Rancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Produk Selang Dengan Menggunakan Automated Layout Design Program (ALDEP) Di PT. Inkaba Bandung. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol.03 No.2 ; 271-280.

Azhar, Ahmad, dan Eka. 2017. Korelasi Antara Kadar Air pada Kernel Terhadap Mutu Kadar Asam Lemak Bebas Produk Palm Kernel Oil Yang Dihasilkan (Studi Kasus pada PT. XYZ). Industrial Engineering Journal, Vol.6 No.1 ; 36-42.

Daulay. 2018. Penentuan Kadar Air, Kadar Kotoran, dan Kadar Asam Lemak Bebas (ALB) dari Inti Sawit Produksi PTPN IV Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Eko. 2010. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Di CV. Dimas Rotan Gatak Sukoharjo. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Erlon dan Nil. 2015. Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Produksi Gudang Tujuh PT. Mulchido Dengan Menggunakan Metode Craft. ARIKA, Vol.09, No.1 ; 35-44.

Frisma. 2017. Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Distribusi Dengan Metode Class Based Storage (Studi Kasus: PT.Budimas Makmur Mulia,Surakarta). Skripsi. Surakarta: Universitas Setia Budi.

Hadiguna dan Heri. 2008 . Tata Letak Pabrik. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Johan dan Kartika. 2018. Usulan Perancangan Tata Letak Gudang dengan Menggunakan Metode Class-Based Storage (Studi Kasus di PT. Heksatex Indah, Cimahi Selatan). Journal Of Integrated System, Vol.1 No.1 ; 52-71.

Lamto, Nofi, dan Rizky. 2013. Usulan Perbaikan Rancangan Tata Letak Penyimpanan Bahan Baku Berdasarkan Kriteria Pemakaian Bahan. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi, Vol.2 No.2 ; 69-80.

Nadya, Parwadi, dan Sucipto. 2019. Perancangan Model Simulasi Tata Letak Gudang Bahan Baku dengan Menggunakan Metode Shared Storage pada PT. Braja Mukti Cakra. Jurnal Teknik Industri, Vol. 9 No. 2 ; 98-111.

Oksya, Marisa, dan Arianto. 2019. Pengaruh Lama Penyimpanan Pada Storage Tank Terhadap Mutu CPO di Pabrik Kelapa Sawit. Jurnal Teknik dan Teknologi, Vol.14 No.28 ; 20-27.

Pradana dan Cahyono. 2014. Analisis Tata Letak Fasilitas Proyek Menggunakan Activity Relationship Chart dan Multi-Objectives Function pada Proyek Pembangunan Apartemen De Papilio Surabaya. Jurnal Teknik Pomits, Vol.3 No.2 ; 131-136.

Rio, Trifenaus, dan Andre. 2018. Usulan Perancangan Ulang Tata Letak Lantai Produksi untuk Memaksimalkan Area Produksi (Studi Kasus PT. XYZ). Jurnal Metris, No.19 ; 111–122.

Safitri, Zainal dan Kadafi. 2017. Analisis Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Menggunakan Metode Activity Relationship Chart (ARC. Jurnal Manajemen, Vol.9 No.1 ; 38-47.

Yudi, Sukaria, dan Nazaruddin. 2015. Perencanaan Ulang Layout Dalam Upaya Peningkatan Utilisasi Kapasitas Pengolahan di PT. XYZ. Malikussaleh Industrial Engineering Journal, Vol.4 No.1 ; 4-10.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v5i2.3147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.