Optimalisasi Produksi Olahan Lele Menggunakan Metode Simpleks Di CV. Rule Athallah

Muhammad Romadhon, Devie Oktarini, Faizah Suryani

Abstract


CV. Rule Athallah adalah tempat dimana produksi industri rumahan yang terkenal dengan produk olahan makanan yang terbuat dari ikan lele. Permasalahan yang dialami Rule Athallah adalah jumlah produksi yang belum optimal sehingga keuntungan menjadi tidak maksimal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan produksi produk kerupuk dan kemplang ikan lele. Didalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder melalui wawancara langsung. Mulai dari Metode analisis Linear Programming yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Simpleks dengan cara perhitungan manual dan alat bantu software POM-QM For Windows. Hasil analisis menunjukan bahwa produksi produk belum optimal dan keuntungan juga belum maksimal. Tingkat produksi produk kerupuk yang optimal adalah 42 Kg dengan jumlah pack yang di dapatkan sebanyak 280 Pack, sedangkan produksi produk kemplang yang optimal adalah 103,2 Kg dengan jumlah pack yang di hasilkan sebesar 688 Pack. Untuk keuntungan maksimum dari kedua produk sebesar Rp 2.665.500.


Keywords


Olahan ikan lele, Linear Programming, Metode Simpleks, Optimasi Keuntungan

Full Text:

PDF

References


Aritonang, R, R Lerbin, (2016). Riset Operasi. Bogor: In Media.

Asmara, T., & Rahmawati, M. (2018). Strategi Pembelajaran Pemrograman Linier Menggunakan Metode Grafik Dan Simpleks. Institut Pendidikan Vol 3, No1, 506-514.

Astawan, M. 2008. Lele bantu pertumbuhan janin.http://wilystra2007.multiply.com/j ournal/ite m/62/Lele_Bantu_Pertumbuhan_Janin (13 September 2008)

Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya, S. N. (2018). Optimalisasi Usaha Kerupuk Ikan. Gerbang Etam Vol 12, 18-30.

Indrayanti. (2012). Menentukan Jumlah Produuksi Batik Dengan Memaksimalkan Keuntungan Menggunakan Metode Linier Programming Pada Batik Hana. Ilmiah Ictech Vol.X No.1, 2-7.

Masudin, I., Ibrahim, M. F., & Yandeza, G. (2018). Linear Programming Dengan R. Malang: Umm Press.

Oktarini, D. (2013). Perencanaan Produksi Dalam Usaha Pencapaian Target. Jurnal Desiminasi Teknologi, Volume 1, No. 2, 145-152.

Ruminta. (2014). Matriks Persamaan Linier Dan Pemrograman Linier (Edisi Revisi). Bandung: BiObses.

Tannady, H. (2014). Optimasi Produksi Meubel Menggunakan Model Pemrograman Linear. Business & Management Journal Bunda Mulia, Vol 10, No.1, Maret 2014, 1-9.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v6i1.3790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.