Pengukuran Tingkat Risiko Ergonomi Dengan Menggunakan Metode Ovako Working Analysis System (OWAS) Untuk Mengurangi Risiko Muscoleskeletal

Deni Andrian, Renilaili Renilaili

Abstract


Kenyamanan dalam bekerja merupakan salah satu faktor penting dalam proses produksi. Pada kegiatan industri, paparan dan resiko di tempat  kerja cenderung ada di sekitar tempat kerja dan pekerja. Kondisi tersebut ada kalanya tidak selalu dapat dihindarkan karena tuntutan pekerjaan sehingga membuat karyawan mengalami keluhan pada gangguan otot (musculoskeletal). Hal ini menyebabkan pekerja sering  mengalami keluhan-keluhan pada bagian tubuhnya. Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini diharapkan mampu mengidentifikasi postur kerja yang beresiko musculoskeletal. Penelitian ini mengambil sampel pekerja stasiun pengantongan semen. Metode yang digunakan adalah metode OWAS. Hasil penelitian adalah: Terdapat 2 postur kerja di stasiun kerja pengantongan teridentifikasi memiliki potensi menimbulkan cidera musculoskeletal. Hasil analisis OWAS pada postur kerja 1 dan 2 berada pada kategori 2 yang artinya perlu dilakukan perbaikan. Setelah dilakukan perbaikan, maka dari hasil penilaian OWAS terhadap postur kerja 1 dan 2 didapatkan kategori 1 yang artinya tidak ada masalah pada sistem musculoskeletal.

Keywords


postur kerja; musculoskeletal; OWAS

Full Text:

PDF

References


W. Anggraini, “Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Ovako Working Analisis System (Owas) Pada Stasiun Pengepakan Bandela Karet (Studi Kasus: PT Riau Crumb Rubber Factory Pekanbaru),” Jurnal Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU, 2004.

Andrian, Deni. 2013. Pengukuran Tingkat Resiko Ergonomi Secara Biomekanika Pada Pekerja Pengangkutan Semen (Studi Kasus: PT Semen Baturaja). Laporan Kerja Praktek Fakultas Teknik Universitas Binadarma, Palembang.

Astuti, Rahmaniyah Dwi. 2007. Analisis Postur Kerja Manual Material Handling Menggunakan Metode Owas (Ovako Working Analisis System). Gema Teknik K-Nomor 1/ Tahun X Januari 2007 Teknik Industri Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Budiman, Edi. 2008. Perbandingan Metodemetode Untuk Menganalisis Postur Pada Aktivitas Manual Material Handling (MMH) Kajian Pustaka. Jurnal Teknik Industri Sekolah Tinggi Wiworotomo, Purwokerto.

Purnomo, Hari. 2003.Pengantar Teknik Industri Penerbit. Grahana Ilmu. Yogyakarta.

Rahmadi, dkk. 2014. Laporan Pratikum Analisis Perancangan Kerja II Fakultas Teknik Univsersitas Teknik Industri.

Roosita, Katrin. 2008. Aktivitas Fisik, Asupan Energi, Dan Produktivitas Kerja Pria Dewasa (Studi Kasus Di Perkebunan The Malabar Ptpn Viii Bandung, Jawa Barat). Jurnal Gizi Dan Pangan Program Studi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian (Faperta) IPB, Bandung.

Susihono, Wahyu. 2012. Perbaikan Postur Kerja Untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Dengan Pendekatan Metode OWAS (Studi Kasus Di UD. Rizki Ragil Jaya – Kota Cilegon). Spektrum Industri, 2012, Vol. 10, No. 1, 1-107 Fakultas Teknik UniversitasSultan Ageng Tirtayasa, Serang.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v6i1.3793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.