Analisis Postur Kerja Penyebab Kelelahan pada Pengrajin Batik Jumputan Menggunakan Metode Loading on the Upper Body Assessment (LUBA)

Rurry Patradhiani, Maimana Maimana, Merisha Hastarina, Beno Nopriansyah

Abstract


Industri Batik Jumputan Palembang sebagai salah satu industri yang saat ini proses produksinya masih dilakukan secara manual dengan posisi duduk dan berdiri dalam jangka waktu yang lama. Aktivitas yang dilakukan dengan jangka waktu yang lama dengan postur kerja yang tidak alamiah dapat menimbulkan risiko cedera pada pengrajin. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menilai postur kerja dengan metode loading upper on the body assessment (LUBA) sehingga nantinya dapat diketahui tingkat risiko ergonomi pada pengrajin batik dan memberikan rekomendasi usulan perbaikan dari hasil pengukuran tingkat risiko ergonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah LUBA dimana metode ini untuk melihat nilai ekstrimitas postur tubuh saat bekerja. Dari hasil pengolahan data didapatkan hasil bahwa 4 aktivitas berada pada kategori II dengan perlunya penyelidikan lebih lanjut dan perubahan korektif tetapi tidak segera, dan 5 aktivitas berada pada kategori III yaitu memerlukan Tindakan korektif dengan mendesain ulang tempat kerja atau metode kerja dengan segera. Serta untuk usulan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu dengan penambahan meja kerja untuk beberapa aktivitas seperti pembuatan warna, pewarnaan, pencucian serta melipat kain. Dengan penambahan meja kerja ini diharapkan dapat mengurangi risiko cedera serta dapat menciptakan postur kerja yang alamiah dan ergonomi.


Keywords


Postur Kerja; Batik Jumputan; Loading on the Upper Body Assessment (LUBA)

Full Text:

PDF

References


D. R. Djamaluddin, ”Analisis Hubungan Faktor Ergonomis dan Faktor Lain di Lingkungan Kerja dengan Low Back Pain,” Universitas Hasanuddin, 2011.

D. P. Restuputri, ”Risiko Gangguan Musculoskeletal Disorder,” Jurnal Teknik Industri UMM Vol.19 No.1, pp. 97 - 106, 2018.

B. N. M. H. Rurry Patradhiani, ”Identifikasi Postur Kerja Pengrajin Batik Jumputan Dengan Metode Job Strain Index (JSI),” Journal of Industrial @ Quality Engineering, pp. 157 - 166, 2021.

k. D. a. Karwowski, ”An Assessment Technique for Postural Loading On The Upper Body Based on Joint Motion Discomfort and Maximum Holding Time,” Applied Ergonomi 32, pp. 357 - 566, 2001.

M. N. d. A. Dariatma, ”Usulan Perbaikan Postur Kerja Aktivitas Pemuatan Barang menggunakan Metode Loading on The Upper Body Assessment (LUBA),” Industrial Engineering Journal Vol 8. No.2, 2019.

S. d. S. Tarwaka, Ergonomi untuk Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Produktivitas, Surakarta: Edisi pertama cetakan pertama, 2004.

D. R. Yunita, Analisis POstur Kerja Pengrajin Batik Menggunakan Metode Job Strain Index (JSI) dan Loading on The Upper Body Assessment (LUBA), Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

S. A. S. D. M. d. A. R. D. Azam, ” Ergonomi partisipatif untuk mengurangi potensi terjadinya Work-Related Musculoskeletal Disorders.,” Jurnal teknik industry, 7(2)., vol. 7, nr 2, 2017.

H. R. P. (LUBA), “Penilaian risiko distal upper extremity pada pekerja pembuatan kain tenun dengan metode Job Strain Index (JSI) dan Loading on the Upper Body Assessment, (CV. Medali Mas), 2020.

E. Nurmianto, Ergonomi – Konsep Dasar dan Aplikasinya., Jakarta: PT. Guna Wijaya., 1996.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v6i2.3995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.