Analisis Pengaruh Coffee Shop terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Structural Equation Model

Billi Syufrian, Kartika Ayu Ningsih, Dwi Elsi Flora S, Anindita Rahmalia Putri

Abstract


Beberapa tahun terakhir pelaku usaha harus lebih ekstra untuk memaksimalkan usahanya di karenakan banyaknya pesaing dibidang yang sama, salah satunya adalah para pelaku usaha coffee shop. Pemasaran dan kolaborasi perlu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan. Kepuasan konsumen menjadi fokus utama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menghubungkan variabel-variabel yang berpengaruh pada kualitas produk, harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Coffee Shop. Metode yang digunakan yaitu metode Structural Equation Model. Tahap yang dilakukan dalam pengolahan data adalah pertama membentuk hubungan antar variabel dan indikator, kedua confimatory analysis untuk variabel eksogen dan endogen dan terakhir uji estimasi mode lengkap. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian ini adalah uji kecocokan model yang dilakukan menggunakan beberapa kriteria seperti ChiSquare, GFI, AGFI dan RMSEA. Nilai ChiSquare (34,518), nilai GFI dan AGFI diatas 0,9 dan RMSEA dibawah 0,08. Tidak Semua variabel antecedents memiliki pengaruh yang signifikan dan variabel antecedentst tidak bisa menjelaskan variabel konsequents karena nilai R2 ? 0,5. Kesimpulan dari hipotesa penelitian ini merupakan produck_Quality berpengaruh terhadap Custome_ Satisfaction, Price berpengaruh terhadap Customer_Satisfaction, Service_Quality tidak berpengaruh terhadap Customer_Satisfaction dan Price berpengaruh terhadap Product_Quality.

Keywords


Kepuasan Pelanggan, Metode SEM

Full Text:

PDF

References


Appalayya Meesela., Justin Paul. 2018. Service Quality, Consumer Satisfaction and Loyality in Hospitals : Thinking for the future. Journal of Retailing and Consumer Services, vol. 40, pp. 261-269.

Fristi Bellia Annishia., Muhamad Soekarno Setiawan. 2018. Effect of Quality of Coffee Products on Customer Satisfaction in Jade Lounge Swiss-Bel Residences Kalibata Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, vol. 4, pp. 1-69.

Gita Vanya Meisara., Hotman Napitupulu. 2019. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, vol. 7, pp. 85-95.

Iis Maulidah., Joko Widodo., Mukhamad Zulianto. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 13.

Ika Sari Dewi., Iwan Kusuma Sihombing., Mohd Ideal Kurniawan., Khairunnisa. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Pengeringan Asam Gelugur di Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Jurnal Bisnis Administrasi (BIS-A), Vol. 08, pp. 51-64.

Ikhlazia Indah Lestari., Toni Mindra. 2019. Analisi Korelasi Rank Spearman Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Spare Part di Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (JAM-Ekis), vol. 18, pp. 85-99.

Inten Sueni., Permana Honneyta Loebis. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan J&T Express Blangkejeren. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, vol. 4, pp. 330-345.

Kasnaeny, K., Achmad, D., & Fatchur. 2013. Patronage Buying Motives of Coffee shop’s Consumers. IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM), 8 (3): 19-22

Kiki Jenitha Rosalia., Ni Ketut Purnawati. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien RSU Husadha di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, vol. 7, pp. 2442-2469.

Lite. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Al-Ulum Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 3.

Nizar Alam Hamdani., Maulida Agustianus Zaman. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi, vol. 16, pp. 37-43.

Nuriansyah Adiputra., Mahir Pradana, SE, M.SC. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Holyshoes. e-Proceeding of Management, vol. 4, pp. 2930.

Rhenald, K. 2010. Manajemen Public Relations. Jakarta: Ghalia Indonesia

Rindu Nadia Dewi., Rahmat Hidayat. 2015. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Bingka Nayadam Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, vol. 3, pp. 32-40.

Rintar. 2011. Analisis Hubungan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Konsumen pada Lembaga Pendidikan Kejuruan. Jurnal Dinamika Manajemen, vol. 2, pp. 40-47.

Rochyan Ridlo Rien Rizqy., Moh. Mukeri Warso., Aziz Fathoni. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus pada Konsumen PT. Graha Service Indonesia Cabang Semarang). Journal of Management, vol. 2.

Sriram Narayanan., Ram Narasimhan., Tobias Schoenher. 2015. Assessing the contingent effects of collaboration on agility performance in buyer-supplier relationships. Journal of Operations Management, vol. 33-34, pp. 140-154.

Sungha Jang., Ashutosh Prasad., Brian T. Ratchford. 2017. Consumer Search of Multiple Information Sources and its Impact on Consumer Price Satisfaction. Journal of Interactive Marketing, vol. 40, pp. 24-40.

Syaiful Aswad., Realize., Ronald Wangdra. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 6.

Yetty Husnul Hayati., Gracia Sekartaji. 2015. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi, vol. 1, pp. 49-56.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v7i1.4174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.