Analisa Kelayakan Investasi Pembelian Armada Truck Pada UD. Restu Ami

Endar Lafitri, Herlina Herlina

Abstract


UD. Restu Ami merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dengan memproduksi tiang beton, gorong-gorong, dan paving. Setiap harinya perusahaan melakukan proses pengiriman barang kepada konsumen sesuai dengan permintaan setiap retail menggunakan jenis kendaraan Pick Up L300. Maksimal pengiriman dalam 1 hari yaitu sebanyak 8 kali pengiriman dikarenakan kapasitas muat armada sudah dalam kapasitas maksimal dan hal tersebut membuat pendistribusian yang dilakukan perusahaan tidak efektif dan efisien sehingga mengakibatkan biaya yang dikeluarkan perusahaan akan tinggi serta sering kali permintaan akan dikirimkan keesokan harinya karena proses distribusi sudah berada pada batas maksimal dan seringkali pendistribusian sering overload dan diganti dengan jasa penyewaan armada lain, maka diperlukan pembelian armada baru maupun bekas untuk mengurangi biaya sewa armada dengan pihak lain. Untuk mempertimbangkan aspek ekonomis dengan pendekatan metode depresiasi garis lurus, NPV, Payback Period, Internal Rate of Return. Hasil penelitian dengan investasi pembelian armada baru berupa truck dengan harga Rp 417.800.000, dengan perkiraan umur selama delapan tahun dan didapatkan hasil depresiasi sebesar Rp 35.725.000, dengan tingkat kelayakan NPV sebesar Rp325.772.121,4, Payback Period selama 3 tahun 29 hari, nilai IRR sebesar 9,23 %. Penanaman modal dengan membeli armada baru dengan tipe truk sudah layak, hal ini dapat dikatakan karena berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan.


Keywords


Keputusan investasi, Depresiasi Garis Lurus, Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR)

Full Text:

PDF

References


Armada, Tommy Putra. 2014. “Analisa Ekonomi Perbaikan Jalan Palembang-Betung Kab. Banyuasin Terhadap Nilai Kerugian Akibat Kemacetan.” Universitas Sriwijaya.

Atvidi, Adiancha Reival, Handoyo, Iriani Iriani, and Erlina Purnamawati. 2020. “Studi Kelayakan Investasi Pembelian Alat Transportasi Truck Untuk Distribusi Dengan Metode NPV Dan MARR Pada PT. XYZ.” UPN Veteran Jawa Timur.

Budianto, Vincentius Ferdian. 2021. “Analisis Kelayakan Pengadaan Mesin Painting Dan Oven.”

Giatman, M. 2017. Ekonomi Teknik. ke-1st ed. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Giatman,M. 2019. Ekonomi Teknik. ke-3rd ed. Yogyakarta: Lautan Pustaka.

Kasmir, and Jakfar. 2015. Studi Kelayakan Bisnis. Depok: PT Desindo Putra Mandiri.

Kasmir, and Jakfar. 2017. Studi Kelayakan Bisnis. Revisi. Depok: PT Desindo Putra Mandiri.

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya. ke-5th ed. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Managemen YKPN.

Muzaki, Achmad. 2020. “Analisa Kelayakan Investasi Penambahan Armada Guna Meningkatkan Profit Di PT. Agility.” Universitas 17 Agutus 1945 Surabaya.

Pujawan, I Nyoman. 2012. Ekonomi Teknik. ke-2nd ed. Surabaya: Guna Widya.

Purwaji, and wibowo dan Muslim. 2018. Akuntansi Biaya. ke-2nd ed. Jakarta: Salemba Empat.

Riski, Jatra Nur. 2020. “Analisa Kelayakan Investasi Pembelian Mesin Powder Coating Pada Aspek Keuangan Untuk Produksi Spare Part Kendaraan Bermotor Di Ud. Ks pro.” Universitas 17 Agutus 1945 Surabaya.

Ristono, A., and Puryani. 2011. Ekonomi Teknik. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Umar, H. 2001. Studi Kelayakan Bisnis. ke-2nd ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v7i2.4680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.