Pemilihan Supplier Bahan Baku Creambath Menggunakan Metode DEMATEL (Decison Making Trial And Evaluation Labotary Dan ANP (Analytic Network Process)

Ryan Fadilla Rhamadan, Endang Suhendar, Aliffia Teja Prasasty

Abstract


Dalam persaingan home industri yang semakin meningkat, perusahaan harus menyadari pentingnya pemilihan supplier yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan dan waktu yang ditentukan. Kondisi ini mengakibatkan perusahaan untuk melakukan pemangkasan biaya, fokus pada kompetensi utama dan memperbaiki rantai pasok. Perbaikan pada rantai pasok menjadi hal yang kritikal dalam peningkatan daya saing perusahaan. Peningkatan daya saing perusahaan dapat dilakukan melalui proses pemilihan supplier. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kriteria-kriteria yang dibutuhkan perusahaan untuk memilih supplier bahan baku creambath, mengetahui keterkaitan kriteria-kriteria supplier dengan menggunakan metode DEMATEL, Untuk melakukan perangkingan supplier bahan baku creambath berdasarkan integrasi metode ANP dan usulannya. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan 11 kriteria yaitu perizinan, performance history, kesesuaian material dengan spesifikasi, kemampuan memberikan kualitas produk, konsistensi kualitas, harga produk, biaya kirim, jumlah ketepatan pemesanan, ketepatan waktu pengiriman, penggantian barang cacat, bahan yang ramah lingkungan yang akan menjadi landasan dalam memilih supplier, Berdasarkan hasil pengolahan data DEMATEL kriteria yang termasuk dalam kelompok dispatcher (cause/penyebab) adalah Kesesuaian material dengan spesifikasi, Kemampuan memberikan kualitas produk, Harga produk, Biaya kirim, dan Jumlah Ketepatan pemesanan. Sedangkan untuk kelompok receiver adalah Perizinan, Performance history, Ketepatan waktu pengiriman, Penggantian barang cacat, dan Bahan yang ramah lingkungan. Berdasarakan hasil pengolahan data untuk ktiteria yang memliliki bobot paling tinggi adalah biaya kirim dengan nilai sebesar (0,18249), diikuti harga produk (0,15686) dan Jumlah Bahan yang ramah lingkungan (0,15159). Untuk itu biaya kirim menjadi kriteria utama dalam pemilihan supplier di CV Mandiri Jaya. Hasil dari perankingan supplier adalah Supplier dengan bobot tertinggi yaitu supplier Y dengan nilai sebesar (0,56951), diikuti oleh supplier Z (0,29012), dan supplier X (0,14037). Untuk itu dari hasil pengolahan data tersebut maka supplier yang diusulkan adalah Supplier Y. Untuk usulan yang saya berikan kepada CV Mandiri Jaya yaitu menjadikan supplier Y menjadi supplier tetap karena memiliki kelebihan yaitu pada biaya kirim, harga produk, dan bahan yang ramah lingkungan.


Keywords


Supply Chain Management, DEMATEL, ANP

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Sugiyanto, D., & Suharyo, O. S. (2017). Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja di Kolat Koarmatim dengan Pendekatan Dematel, ANP dan Metode Integrated Performance Measurement System (IPMS). ASRO Jurnal-STTAL, 7, 1–14.

Anggraeni, R. (2020). Perencanaan Pendistribusian Material Building Product Dengan Metode Distribution Requirement Planning (DRP) dan Analytic Network Process (ANP) di PT ABC.pdf. Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer.

Anitawati, A. (2016). Analisis Kriteria Pemilihan Supplier menggunakan Metode Analutic Network Process (Studi Kasus Pada PTXYZ). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie, 61.

Asmarawati, C. I., & Wibowo, S. A. (2021). Analisis Pemilihan Supplier Dan Penentuan Jumlah Pembelian Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (Anp). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 6(2), 72.https://doi.org/10.33884/jrsi.v6i2.23 98

Azwir, H. H., & Pasaribu, E. B. (2017). Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytic Network Process Di Pt United Tractors Pandu Engineering. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 103. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18. no2.103-112

Darmawan, D. P. (2018). Analytic Network Process : Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Lingkungan Bisnis Yang Kompleks. In Expert.

Kezia, J., Fianty, B. E., L, J. A., Lukita, S., Widyadana, I. G. A., Industri, D. T., Industri, F. T., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2020). Analisis Faktor - Faktor Kunci Pemenuhan Lead Time Dengan Pendekatan Dematel : Studi Kasus Pabrik Sepeda. Fakultas Teknik Industri, 15(2).

Pujawan, I. N., & Er, M. (2017). Supply Chain Management - Edisi 3. In Andi (p. 374).https://ezp.lib.unimelb.edu.au/logi n?url=https://search.ebscohost.com/logi n.aspx?direct=true&db=ffh&AN=2008- 10-Aa4022&site=eds-live&scope=site

Samosir, A. M. (2020). Analisis Pemilihan Pemasok Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) (Studi Kasus: UKM Kerupuk Ikan Sari). Teknologi Industri.

Subekti, M. A. (2022). Pemilihan Pemasok Menggunakan Metode Analytic Network Process (Anp) Umkm Tempe Saroji.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v7i2.4761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.