Evaluasi Produktivitas Kerja Karyawan Pada Produksi Batako Dengan Metode Objective Matrix dan Root Cause Analysis Pada UKM

Gina Sri Komala Sari

Abstract


UKM DP Karya Jaya merupakan industri yang memproduksi batako. Selama menjalankan usahanya perusahaan selama ini belum pernah mengetahui produktivitas yang dicapai karena belum melakukan analisis produktivitas pada beberapa sumber dayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur produktivitas kinerja karyawan dengan metode Objective Matrix (OMAX) dan menganalisis penyebab produktivitas menurun dengan metode Root Cause Analysis (RCA). Cara mengukur produktivitas kinerja karyawan dengan metode objective matrix maka didapatkan nilai produktivitas tertinggi pada periode tahun 2019 yaitu pada bulan Januari dan Agustus dengan nilai indeks performansi yang sama yaitu (67%). Dari hasil analysis menggunakan merode Root Cause Analysis diketahui bahwa terdapat 5 faktor penyebab menurunnya produktivitas. Dari ke 5 faktor tersebut faktor yang paling berpengaruh terhadap penurunan produktivitas yaitu faktor mesin dan faktor metode. Mesin yang digunakan untuk pencetak batako sering rusak karena kurannya perawatan. Tidak ada SOP yang tentu berpengaruh terhadap proses produksi batako sehingga menyebabkan produktivitas menurun. Dan sering terjadi kecacatan produk saat proses pencetakan.


Keywords


Produktivitas, Objective Matrix (OMAX), Root Cause Analysis (RCA), Usaha kecil Menengah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/js.v2i1.5311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.