Analisis Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode AHP Dan Fuzzy TOPSIS Pada PT.XYZ

Randika Febriansyah, Uun Novalia Harahap, Denny Walady

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan yang mengolah ubi/singkong menjadi tepung tapioka sebagai produk jadi. Kinerja karyawan sangat berpengaruh terhadap produktivitas. Perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki  keahlian dan kedisiplinan kerja untuk hasil produksi yang optimal, maka dari itu diperlukan penilain kinerja terhadap karyawan untuk melihat kinerja karyawan dan membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria yang digunakan dalam penilaian kinerja dan untuk mengetahui cara meningkatkan kinerja karyawan di PT. XYZ. Data diolah dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Fuzzy TOPSIS. Kesimpulan hasil dari penelitian ini ialah terdapat 4 kriteria yang akan dijadikan acuan dalam penilaian kinerja karyawan, yaitu kehadiran dengan bobot 0,420932, prilaku kerja dengan bobot 0,106408, kedisiplinan dengan bobot 0,051730 dan kualitas kerja dengan bobot 0,20931. Dari hasil perhitungan karyawan belum memenuhi standart yang ditetapkan karyawan sebesar 80%. Nilai rata-rata yang diperoleh karyawan sebesar 72,6 %.  Peningkatan kinerja karyawan dapat dilakukan dengan memberikan motivasi seperti memberikan rewards dan memberikan pelatihan kedisiplinan terhadap karyawan, selain itu perusahan juga bisa memberikan pendidikan terhadap karyawan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas yang tentunya akan berdampak terhadap hasil produksi yang optimal. Peningkatan kinerja karyawan dapat juga dilakukan dengan memberikan sanksi yang lebih ketat terhadap karyawan yang melanggar peraturan.

Keywords


Penilaian Kinerja; Analytic Hierarchy Process (AHP); Fuzzy TOPSIS.

Full Text:

PDF

References


R. Mujiastuti, N. Komariyah, and M. Hasbi, “SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE Simple Additive Weighting (SAW),” J. Inf. dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 79–87, 2021, doi: 10.35959/jik.v9i1.197.

E. Susan, “MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Eri Susan 1,” J. Manaj. Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 952–962, 2019.

E. Budiyanto and M. Mochklas, Kinerja Karyawan Ditinjau dari Aspek Gaya Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja. 2020.

M. A. Asnawi, “Kinerja Karyawan Perseroan Terbatas Studi Kasus Atas Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Karakteristik Pekerjaan.” pp. 1–63, 2019.

N. R. Silean et al., Kinerja Karyawan. 2021. [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/40781/1/KINERJA KARYAWAN 2 CETAK.pdf#page=38

Purwanto, Teknik Pengumpulan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas untuk Penelitian Ekonomi Syariah. 2018.

I. K. Sukendra and I. K. S. Atmaja, Instrumen penelitian. 2020.

N. Rahmansyah and S. A. Lusinia, Buku Ajar SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. 2021. [Online]. Available: http://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id

P. Sandika and R. Patradhiani, “Analisis Pemilihan Kontraktor Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ) ( Studi Kasus Pembangunan Jembatan di Desa Karangan ) An Analysis of Selection of Contractor using Analytical Hierarchy Process ( AHP ) method ( Case Study : Bridge Construction at Desa Karangan ),” vol. 4, pp. 1–8, 2019.

D. Oktarini, M. Rosyidah, and G. Prasetio, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ) Sebagai Solusi Alternatif dalam Pemilihan Supplier Bahan Baku ( Studi Kasus di PT . Sunan Rubber - Palembang ) Application of the Analytical Hierarchy Process ( AHP ) Method as an Alternative Solution in the Selection of Raw Material Suppliers ( Case Study at PT . Sunan Rubber - Palembang ),” vol. 1, 2016.

W. Andalia and I. Pratiwi, “ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ( Studi Kasus PT . Perkasa Sejahtera Mandiri ),” pp. 41–50.

R. Multi Amalia and D. Yuni Utami, “PEMBERIAN REWARD BERDASARKAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE AHP PADA PT. ANUGERAH PROTECINDO,” 2018, [Online]. Available: www.nusamandiri.ac.id

R. Prasetyo, R. Riska, and N. P. Erdiana, “Pemilihan Karyawan Terbaik Pada PT. Shippindo Teknologi Logistik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 2, no. 8, pp. 506–512, Jan. 2022, doi: 10.47065/tin.v2i8.1261.

J. Warmansyah, “Penerapan Metode AHP untuk Menentukan Kenaikan Pangkat Karyawan di PT METRASAT,” J. Ilm. Teknol. dan Sains, vol. 8, pp. 49–56, 2018.

A. Salim, B. O. Lubis, and A. Haidir, “PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE TOPSIS PADA PT REGENCY MOTOR.”

Rudianto, “Penggunaan Metode Topsis dalam Sistem Pendukung”.

Sukamto, Y. Andriyani, and K. Wahyuni, “Penilaian kinerja karyawan menggunakan metode topsis,” vol. VII, no. 3, 2021.

A. Muhardono and R. Rizal Isnanto, “Penerapan Metode AHP dan Fuzzy Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Promosi Jabatan,” 2014.

A. Tiara Suci, H. Asyari, A. Yusuf Prasetiawan, and N. Aji Pratomo, “Metode Fuzzy TOPSIS Pada Pengambilan Keputusan Rekrutmen Karyawan PT. Erporate Solusi Global,” 2020.

R. Patradhiani, B. Anugrah, and N. Wisudawati, “Model Penilaian Kinerja Green Supply Chain Management dengan Pendekatan Green Supply Chain Operation Reference Untuk Mengurangi Pencemaran Lingkungan Green Supply Chain Management Performance Assessment Model with Green Supply Chain Operation Reference Approach to Reduce Environmental Pollution,” vol. 8, 2023.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v9i1.7508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.