IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BUKIT KECIL PALEMBANG
Abstract
Berdasarkan pembahasan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian ini memberikan gambaran: Pertama, perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 2 Bukit Kecil Palembang pada dasarnya sudah melaksanakan prosedur perencanaan dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi: membuat program tahunan, membuat program semester, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana bahan ajar, alat evaluasi, dan silabus. Silabus dan RPP sudah sesuai, relevan, dan jelas, karena memenuhi standar dan sesuai dengan acuan KTSP. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 2 Bukit Kecil Palembang, sudah melaksanakan dengan baik yang meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dapat dilakukan dengan urut sesuai dengan apa yang telah disusun pada RPP, begitu juga penggunaan waktu, pemilihan metode, media telah disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Dengan hal ini, dalam melaksanakan kegiatan proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Ketiga, evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 2 Bukit Kecil Palembang, dalam penilaian pembelajaran yang dilaksanakan sudah baik. Tenaga pendidik dalam menjalankan tugas sudah menerapkan sifat rasa keadilan, obyektivitas, berkelanjutan, transpran dan berkesinambungan. Prinsip-prinsip dalam penilaian pembelajaran ini sangat dipandang perlu, karena merupakan langkah awal dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Daud, Mohammad. (2008). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Anderson. (2009). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bafadhal, Ibrahim. (2004). Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Aksara.
Badaruddin, Kemas. (2009). Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjat, Zakiah. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Dahri, Zainuddin. (2006). Manajemen Pengajaran: Secara Manusiawi, Jakarta, Rineka Cipta.
Djamarah, Bahri, Syaiful. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Davis. (2006). Manajemen Pendidikan, Lombok, Holistica.
Fahmi dalam tesisnya “Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang”, Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang. 2010.
Harni, Anwar. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
H.M. Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selektas Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik. (2008). Qemar, Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nasution. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Reigeluth. (1993). Desain Instruksional, Jakarta: Bumi Aksara.
Riyanto. (2007). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan) Cet ke III. Jakarta: Prenada Media Group.
Reksohadiprodjo, Sukamto. (1996). Dasar-dasar Manajemen, Yogyakarta: BPFE.
Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Renada Media.
Sardiman. (1998). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali.
Sudjana, Nana. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sugiyono. (2008). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfaberta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani. (2003). Guru Indonesia dan Perubahan Kurikulum. Jakarta: CV Sagung Seto.
Usman, Moh. Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Umar, Bukhari. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo. (2002). Kamus Ilmiah Popular. Yogyakarta: Absolut.
DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i2.1574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : admanpen@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.