PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PALEMBANG
Abstract
Berdasarkan pengamatan sementara masih ada diantara siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang kurang termotivasi dalam belajar, apakah hal ini disebabkan oleh komunkasi guru dengan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Komunikasi Guru dengan SiswaTerhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Komunikasi Guru dengan SiswaTerhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang yang berjumlah 389 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 96 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (Uji t). Berdasarkan analisis penelitian, hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa variabel Komunikasi Guru dengan Siswa berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 9.964 dengan signifikansi 0.000 dan nilai ttabel sebesar 0.200, maka thitung > ttabel atau 9.964 > 0.200. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa semakin baik komunikasi guru dengan siswa maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Begitu juga sebaliknya, apabila tidak terjalin komunikasi yang baik, maka akan menurunkan motivasi belajar siswa. Saran: guru hendaknya dapat terus-menerus menciptakan komunikasi yang baik kepadasiswa, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Selain itu, siswa hendaknya dapat meningkatkan motivasinya dalam belajar untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakata: Rineka Cipta.
Dirman, dkk. (2014). Komunikasi dengan Peserta Didik (Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Donald, Mc. (2011). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseling Klasikal. CV Abe Kreatifindo.
Hamalik. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah. (2016). Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dan Siswa). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Harapan, Edi., dan Ahmad, Syarwani. (2014). Komunikasi Antar pribadi. Jakarta: Rajawali.
Hilgard. (2008). Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dan Siswa). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Irwanto, Nur., dan Suryana, Yusuf. (2016). Kompetensi Pedagogik. Surabaya: Genta Group.
Mudjiono. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Neviyani. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseling Klasikal. CV Abe Kreatifindo.
Sanjaya, Wina. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.
Santrock. (2012). Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dan Siswa). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suparman S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Suryabrata, Sumadi. (2011). Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dengan Siswa). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Uno. (2016). “Teori Motivasi dan Pengukurannya”. Jakarta: Bumi Aksara
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1.
Zahroh, Aminatul. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: YramaWidya.
DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v4i1.3374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : admanpen@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.